SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina FKUB membuka acara Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama, FKUB Goes To School Nunukan dengan mengangkat tema  Hidup Rukun itu Indah di SMKN 1 Nunukan, Kamis (28/07).

Hadir pada acara tersebut, Kepala SMKN 1 Nunukan Hj Dra Najmah,  Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nunukan sebagai Wakil Dewan Pembina FKUB Nunukan, Forkopimda Nunukan serta anggota Dewan Pembina FKUB Nunukan.

Wabup Hanafiah menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara tersebut karena mengingat betapa pentingnya FKUB di Nunukan khususnya di kalangan pelajar dengan tujuan agar dapat memahami tentang pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama.

FKUB Goes To School ini pertama kali di Nunukan khususnya di SMKN 1 Nunukan dengan harapan para peserta dapat menanamkan toleransi umat beragama diantara para pelajar agar tidak terjadi perpecahan sesama umat beragama. 

"Kalau kita tidak mulai dari sekarang kita khawatir akan mudah masuknya pengaruh-pengaruh dari luar yang bisa mempengaruhi pikiran dan tingkah laku anak-anak, apalagi kita persis berada di wilayah perbatasan, banyak hal-hal yang mungkin saja bisa masuk dengan sangat cepat", ucap Hanafiah.

Hanafiah menambahkan pemberian pemahaman tentang kerukunan beragama para peserta mulai dari sekarang sudah mempunyai rasa toleransi tinggi sehingga kedepan tidak lagi dikhawatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bersama. 

Pada kesempatan itu, Kepala SMKN 1 Nunukan Hj. dra Najmah dalam sambutannya menyaksikan sendiri SMKN 1 Nunukan adanya nilai kemanusiaan yang baik, silaturahmi yang kuat dan etika yang menerima semua perbedaan asas menjunjung tinggi nilai dan budaya dalam bernegara dan kurikulum yang seimbang dibawah Panji Pancasila "Bhinneka Tunggal Ika".

"Saya mewakili segenap rekan kerja, unsur pendidik dan ketenaga pendidikan mengucapkan banyak terima kasih dan kami juga mengajak mari kita bersatu dan bersama menjalankan amanat undang-undang yakni mencetak generasi yang cerdas, unggul dan berbudaya toleran", ucap Najmah.

Najmah turut berharap pada kegiatan tersebut anak-anak didik bisa mendapatkan bekal dan kesan untuk senantiasa belajar rukun antar sesama serta menjadi manusia yang senantiasa peduli terhadap manusia dan lingkungan.(*)

Teks/Foto : Tim Publikasi Prokopim Setda

Teks/Foto : MULIYANTI (Tim Publikasi SEKRETARIAT DAERAH )

Editor : fahmiimaniar