SIMP4TIK News - Dalam upaya meningkatkan partisipasi remaja untuk penyebaran informasi, pendidikan, konseling kesehatan reproduksi dan seksual, gizi, serta perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja di PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Remaja perlu dilakukan kegiatan Apresiasi Duta Genre (Generasi Berencana). Ini sejalan dengan program BKKBN untuk mengikutsertakan remaja dalam pembangunan.

Apresiasi perlu diberikan untuk remaja Indonesia terutama Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya yang telah menjalankan perannya dengan baik, memiliki komitmen tinggi memajukan PIK Remaja dan Program Pembinaan Ketahanan Remaja, serta memberikan kesempatan remaja berpartisipasi secara nyata dan bermakna sebagai remaja Genre yaitu remaja mampu mempersiapkan dan melewati 5 transisi kehidupannya mempraktikkan hidup bersih dan sehat, melanjutkan pendidikan, memulai berkarir, menjadi anggota masyarakat, serta membangun keluarga yang berkualitas. Disamping itu juga diharapkan terhindar dari TRIAD KRR yaitu hubungan seksual sebelum menikah, menikah di usia dini dan penyalahgunaan NAPZA.

Acara digelar secara virtual via zoom meeting di ruang Rapat Dinkes P2KB ini diikuti oleh 16 peserta. Peserta sudah lulus kualifikasi seperti aktif di PIK masing-masing minimal 1 tahun, sudah vaksin booster 2, aktif di sosial media, memiliki kemampuan memimpin dan public speaking yang mumpuni.

Indikator penilaian dalam pemilihan ini adalah kepribadian (cara perkenalan), pemahaman tentang Genre dan substansinya, kemampuan public speaking, penampilan (gesture tubuh). Dewan juri yang menilai terdiri dari 9 orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Dinkes P2KB melalui Subkoordinator Pemberdayaan & Peningkatan Keluarga Sejahtera bidang Dalduk & KB, Hj. Suharni, S.H., menjelaskan  Duta Genre Kabupaten Nunukan Tahun 2022 telah terpilih atas nama Amanda Ekslesia Chantika dari PIK Jalmas (Jalur Masyarakat) Nucifera dan Ferdinan Bagaskara Pendai dari PIK Borderland SMAN 1 Nunukan.

“Mereka yang terpilih akan mengikuti seleksi tingkatPprovinsi di Samarinda 27 September -1 Oktober 2022 mendatang,” jelasnya. 

Diharapkan, Duta Genre Tahun 2022 Kabupaten Nunukan bisa menjadi role model dan menginspirasi dengan menjadi konselor sesama remaja. Duta Genre yang mendedikasikan masa mudanya sebagai sumber informasi dan tempat curhat dengan teman sebayanya. Sesuai dengan jargon duta genre yaitu “Setahun Menjabat, Selamanya Menginspirasi”. (*). 

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim