SIMP4TIK News - Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN)  dilaksanakan serentak Senin, 1 Agustus 2022 dengan Leading sektor Kementerian Sosial, secara virtual dengan Menteri Sosial. Kegiatan di Kabupaten Nunukan dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Desa Atap, Kecamatan Sembakung.

UPT Puskesmas Atap turut berpartisipasi mendukung acara tersebut dengan melaksanakan rangkaian acara Pembudayaan Germas yaitu senam bersama, pemeriksaan kesehatan (pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah dan kolesterol) , konsumsi sayur dan buah.

Selain itu dilakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun, minum susu bersama,pengukuran antropometri, upaya penurunan stunting dikoordinir oleh Kemensos dan dirangkaikan dengan penyerahan Kartu Identitas Anak  dikoordinir oleh Disdukcapil serta penyerahan bantuan pada pemerintah kecamatan sembakung dan anak sekolah dari Kementerian Sosial.

Acara dihadiri  Wakil Bupati Nunukan dan Ibu ,Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nunukan beserta rombongan, Kepala Disdukcapil, Kabag Tapem, Camat Sembakung, Pejabat Dinkes P2KB, lintas sektor, koramil dan di meriahkan oleh anak-anak sekolah dari tingkatan sekolah dasar hingga menengah atas se-Kecamatan Sembakung.

Hj, Nur Madia, S.KM., M.Kes, Kepala Bidang Promkes dan SIK bersyukur kegiatan bisa berlangsung dengan baik. 

“Alhamdulillah acara berlangsung sangat meriah, anak-anak senam dengan penuh semangat, kegiatan berjalan sukses dan lancar. Pada kesempatan kali ini anak- anak menerapkan  pembudayaan germas melalui aktivitas fisik,  konsumsi buah sayur dan pemeriksaan kesehatan secara rutin.” katanya. 

 Selain ketiga hal tersebut ada empat langkah germas yang lainnya yaitu tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, menjaga kesersihan lingkungan dan menggunakan jamban, tambahnya. (*) 

Teks/Foto : Feristya (Tim Publikasi Dinas Kesehatan)

Editor : Ilham Waskito

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : fahmiimaniar