SIMP4TIK News - Di era digital saat ini, teknologi telah mengubah cara kita mengakses informasi dan berinteraksi dengan dunia. Tidak terkecuali di perbatasan Nunukan, di mana agen digital telah menjadi kekuatan yang mempengaruhi perubahan signifikan dalam hal komunikasi dan akses berita.

Bertempat di Kantor Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan, satu orang staf dari Kecamatan Sebatik Tengah dan satu orang dari Desa Sei Limau mendalami penggunaan aplikasi digital yang menunjang kinerja pemerintahan, seperti Tata Naskah Dinas Digital, SIPUTIH, website desa serta SIMP4TIK, Senin (12/6).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfotik dan Persandian, Kaharuddin, mengungkapkan apresiasinya atas prestasi yang dicapai oleh Desa Sei Limau dalam lomba desa anti korupsi yang diselenggarakan oleh KPK RI. Salah satu indikatornya adalah digitalisasi dalam manajemen pemerintahan desa.

“Selamat kami ucapkan atas prestasinya desa Sei Limau masuk dalam 8 besar. Luar biasa sekali, dari ratusan desa di Indonesia, bisa masuk 10 besar. Kita harus mendorong digitalisasi dalam pemerintahan desa dan kecamatan. Sehingga bisa dijadikan rujukan desa dan kecamatan lainnya,” ucap Kahar.

Direncanakan pelatihan bagi agen digital tersebut berlangsung selama tiga hari. Mulai Senin – Rabu, 12-14 Juni 2023. Materi pelatihan diantaranya pemahaman penggunaan aplikasi TNDD, SIPUTIH, website Desa.id serta SIMP4TIK.

”Selain aplikasi persuratan, agen digital juga dibekali latihan penulisan jurnalistik untuk mengisi dan mengaktifkan website instansi. Hal tersebut sebagai bentuk transaparansi informasi dan kegiatan kita kepada masyarakat. Jadi semua kegiatan bisa diberitakan di website masing-masing. Bukan hanya nanti diisi ketika ada pemeriksaan, melainkan kegiatan sehari-hari sudah bisa dipublikasikan dari sekarang,” tegas Kahar.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, tim IT Diskominfo telah berkunjung ke Desa Sei Limau untuk pendampingan staf desa dalam digitalisasi pelayanan desa. Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Sei Limau juga telah mendapatkan Tanda Tangan Elektronik dari BSrE dan langsung dicoba di TNDD. (AZ)

Teks/Foto : Asrul (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS