Nunukan, SIMP4TIK - Setelah puluhan tahun masyarakat di Desa Pembeliangan hanya mengandalkan air hujan, air sungai dan sebagian kecil  dari sumur bor untuk kebutuhan sehari-hari, terutama untuk kebutuhan minumnya, maka hari ini, Rabu (24/1/2024) mereka akan mulai merasakan pelayanan air bersih yang dibangun oleh pemerintah. 

Ibrahim, salah satu warga  menyatakan rasa senang dan bahagianya, setelah sekian lama, akhirnya apa yang menjadi harapan warga bisa terwujud.

"Alhamdulillah, impian kami yang sudah bertahun-tahun akhirnya bisa terwujud," ucap Ibrahim.

Ia menuturkan selama ini warga hanya mengandalkan air hujan dan sesekali membeli air tangki.

"Selama ini kami untuk menikmati air bersih kami harus menunggu air hujan dan tidak jarang harus membeli air tangki dengan harga yang lumayan mahal, puji syukur saat ini kami bisa menikmati air bersih dengan dioperasikannya SPAM di Desa kami," tuturnya.

Sebagai salah satu ketua RT di Desa Pembeliangan, Ibrahim berharap aliran air bersih ini bukan hanya mengalir di Desa mereka saja, tapi bisa dialirkan ke Desa lainnya juga agar seluruh masyarakat kecamatan Sebuku bisa sama - sama merasakan air bersih. 

"Kami berharap aliran air bersih ini tidak sampai di Desa kami saja, tapi bisa mengalir ke desa - desa lainnya juga, agar semua masyarakat Sebuku bisa menikmati air bersih meskipun itu harus bertahap," imbuhnya.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengatakan, air bersih untuk kebutuhan memasak, mandi dan mencuci nantinya akan langsung dialirkan ke rumah - rumah sehingga makin memudahkan masyarakat. Sesuatu yang selama ini hanya dianggap angan-angan saja, hari bisa kita wujudkan.

Laura mengakui, layanan air bersih seperti ini belum bisa menjangkau semua desa dan semua kecamatan di Kabupaten Nunukan, apalagi jika memperhatikan kondisi geografis Kabupaten Nunukan yang begitu luas dan kompleks. 

"Namun dengan komitmen yang kuat dan sinergi kita semua mudah-mudahan secara bertahap layanan air bersih dari pemerintah bisa menjangkau seluruh masyarakat di Kabupaten Nunukan," pungkasnya. 

Lanjut Laura, selain untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,  keberadaan SPAM IIK Desa Pembeliangan diharapkan mampu meningkatkan kualitas sanitasi masyarakat. Jika air minum yang dikonsumsi masyarakat semakin baik dan berkualitas, maka dalam jangka panjang hal itu akan bisa memperbaiki kualitas kesehatannya. 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS