Nunukan, SIMP4TIK – Tari Saman dari Aceh yang dibawakan oleh para siswi SDN 004 Nunukan mempu memukau tamu undangan dan Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, yang hadir di Paras Festival 2024, Kamis (08/08/2024) malam.

Tari Saman yang dibawakan oleh 16 siswi ini sebagai tarian hiburan dalam acara pengumuman pemenang dan pembagian hadiah lomba Pawai Budaya, Gerak Jalan Indah dan lomba Karaoke dalam rangka HUT Ke 25 Kabupaten Nunukan, yang bertempat di Paras Perbatasan .

Perasaan senang bisa tampil hadapan Bupati dan tamu undangan lainnya menjadi pengalaman tersendiri bagi para siswi yang baru duduk di kelas 5 dan kelas 6 ini.

“Kami sangat senang dan bangga walau rasa deg-degan itu ada, karena selain penonton yang banyak, yang menyaksikan kami juga adalah Bupati, tentunya ini menjadi pengalaman bagi kami," ucap Hasti, Siswi kelas 5 SDN 004.

Sementara dari pihak guru mengatakan bahwa bisa tampil di acara seperti ini merupakan kejutan dan menjadi kebanggaan tersendiri.

“Kami merasa bangga dan senang bisa tampil, dan tarian ini sudah dua kali kami tampilkan pertama saat perpisahan di sekolah dan kali ini di HUT Kabupaten Nunukan kami merasa senang dan bangga diberikan wadah dan kesempatan untuk tampil," ujar Eka Dara Sunnah, guru sekaligus pelatih tari.

Untuk persiapan agar tampil maksimal dan mampu memukau penonton Eka mengatakan tidak ada persiapan khusus, hanya berlatih setiap saat di sekolah.

“Untuk persiapan tidak ada yang begitu khusus, karena seni tari merupakan salah satu  ekstrakurikuler (Ekskul) di SDN 004, dan tarian Saman juga menjadi salah satu yang dipelajari dalam ekskul tersebut. Dan dipilihnya tarian aceh  untuk memperbanyak hasanah budaya di sekolah kami, dengan berbagai tarian daerah salah satunya tari sama," ungkapnya.

“Kenapa Tarian Aceh kebetulan saya guru dan pelatih tari asal dari Aceh. Dan juga ingin memperkenalkan tarian Aceh kepada anak murid saya, begitupun tarian dari daerah lainnya," tambah Eka.

Pada kesempatan ini, Eka menaruh harapan kedepannya kami bisa lebih sering tampil lagi agar supaya anak-anak didik bisa lebih bersemangat lagi untuk mengenal dan memperkenalkan budaya nusantara lewat tarian.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom