SIMP4TIK NEWS - Tindak lanjut dari pengawasan alat Ukur, Timbangan Takar dan Perlengkapan (UTTP)  yang dilaksanakan pada bulan April lalu, Dinas koperasi Usaha Kecil Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) melaksanakan Sidang Tera/Tera Ulang, untuk  memastikan akurasi Alat Ukur, Timbangan Takar dan Perlengkapan (UTTP) yang digunakan pelaku usaha dan pedagang di pasar Jamaker agar tidak merugikan konsumen  dan  sesuai  dengan ketentuan yang berlaku,  Selasa (9/5).

Pelaksanaan Sidang Tera/Tera Ulang  kali ini melibatkan  Satpol PP dan staf dari Kecamatan Nunukan. Hal ini, menurut  Marlina selaku Kabid Kemetrologian sebagai bentuk  pendampingan dan  penegakan Perda.  Kebanyakan dari pelaku usaha atau pedagang pasar walau sudah mendapatkan undangan  masih banyak yang “nakal” dalam arti masih tidak mau mengikuti sidang tera ulang timbangan  yang mereka gunakan dengan alasan masih dipakai jualan.

“Bahkan masih ada timbangan yang sudah tidak layak dipakai tapi masih saja digunakan  oleh pelaku usaha, hal ini tentu sangat merugikan masyarakat," tambah Marlina.

Untuk itu dengan adanya pendampingan dari pol PP dan kepala seksi ketertiban dan keamanan kecamatan Nunukan dapat  membuat pelaku usaha atau pedagang  mau dan  bertanggung jawab untuk mengikuti sidang tera / tera ulang timbangannya

Pada Sidang Tera  dan Tera Ulang kali DKUKMPP  tidak lagi  melibatkan  UPT Metrologi Legal Kabupaten Bulungan seperti sidang-sidang sebelumnya, karena  kabupaten nunukan telah memiliki Penera Ahli muda  yang telah memiliki kompetensi di bidang Tera dan Tera Ulang.

Cici Nurhaeni Evisasri,ST selaku Pejabat Fungsional Penera Ahli Muda mengatakan  yang umumnya  didapat dalam  sidang tera dan Tera Ulang Timbangan adalah  ketiaksesuaian  berat antara standar dan timbangan.  Kadang ada juga timbangan yang kurang beratnya. Bahkan ada yang lebih hampir  mencapai satu ons. Selain itu ada saja timbangan yang sudah berkarat dan tidak layak pakai namun masih digunakan.

Jumlah pelaku usaha dan pedagang pasar jamaker yang mengikuti sidang tera/tera ulang timbangan  pada hari ini sebanyak 58 orang.  

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Asa Zumara, SS