Nunukan, SIMP4TIK- Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) melalui bidang Dalduk dan KB melaksanakan kegiatan apresiasi pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) 2024. Acara dilaksanakan di ruang rapat Dinkes P2KB, Kamis, (7/3/2024).

Dalam sambutannya Sabaruddin menyampaikan pentingnya bagi genereasi remaja untuk memperhatikan status gizinya sejak dini karena kelak mereka akan berkeluarga dan diharapkan dapat melahirkan generasi yang sehat dan bebas stunting. Selain itu remaja diharapkan tetap menjaga semangat dan motivasi untuk dapat menjadi pribadi dengan versi yang terbaik dari dirinya.

"Pemilihan Duta Genre tahun ini diharapkan agar remaja memiliki mindset mental juara untuk dapat bertanding hingga kancah nasional. Meskipun dari kabupaten yang berada jauh dari Ibukota Negara kita harus tetap berusaha memberikan yang terbaik," ujarnya.

Sabaruddin juga mengatakan “Gantungkan mimpimu setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang." tambahnya.

Acara selanjutnya yaitu pemilihan Duta Genre yang  diikuti oleh 21 peserta dari perwakilan PIK-R dari SMP maupun SMA di Kabupaten Nunukan. Dalam pemilihan ini Dewan Juri yang menilai merupakan orang-orang yang kompeten dari berbagai bidang antara lain, Diana Latif,S.KM, Endah Kurniawati.S.Psi., Aliasmajuddin., S.KM., Nursidah, S.Sos., M.Sc., Serliati., SE dan Yunita., S.KM.

Dalam seleksi Duta Genre harus memenuhi sejumlah kriteria antara lain kemampuan adaptasi digital, pengetahuan substansi Genre, keterlibatan dalam pengelolaan PIK Remaja, sikap tentang substansi Genre, public speaking in english, dan kemampuan leadership.

Kegiatan yang digelar sehari penuh dari pagi hingga sore tersebut memberikan hasil sebagai berikut untuk kategori putra, Juara 1diraih oleh Dimas Alifsyah dari MA Al Ikhlas, Juara II oleh Dwi Arya Ananda dari SMA N 3 Nunukan, dan Juara III oleh Reza Nur Adly daro SMA N 1 Krayan. Sedangkan untuk kategori putri Juara I diraih oleh Marcella Franitha dari SMA N 1 Krayan, Juara II dipegang oleh Julia narelly candni dari SMAIT Ibnu Sina Boarding, dan Juara III diraih oleh Anggri Dersia dari SMA N 1 Krayan. Peserta menerima hasil dengan penuh suka cita. Duta Genre Kabupaten Nunukan 2024 yang terpilih mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat, selanjutnya akan mendapat bimbingan untuk maju ke Tingkat Provinsi Kalimantan Utara.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom