SIMP4TIK News - Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Sei Menggaris Kabupaten Nunukan Tahun 2022 telah selesai dikerjakan. Dengan terbangunnya Balai Penyuluhan KB Sei Menggaris tersebut menambah jumlah Balai Penyuluhan KB di Kabupaten Nunukan menjadi 10 Bangunan pada tahun 2022, yang tersebar di 10 Kecamatan. Balai penyuluhan KB Kecamatan Sei Menggaris dilengkapi dengan fasilitas instalasi listrik dan air serta meubelair dan kelengkapan pengolahan data. Anggaran Pembagunan Balai Penyuluhan KB tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang KB Tahun Anggaran 2022 melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Nunukan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan P2KB, Hj. Miskia mengatakan dengan adanya Balai Penyuluhan KB ini merupakan bagian terpenting dari upaya pemerintah untuk meningkatkan fasilitas layanan program Bangga Kencana bagi masyarakat di Kabupaten Nunukan.

"Balai Penyuluhan KB ini adalah sebagai tempat koordinasi, pertemuan para Penyuluh KB, Petugas Lapangan KB (PLKB) dan para kader untuk melakukan aktifitas perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pengendalian dan pembinaan baik terhadap Penyuluh Keluarga Berencana itu sendiri maupun institusi masyarakat serta mitra kerja  yang berhubungan dengan program kesehatan dan pelayanan keluarga berencana", ujarnya.

Balai Penyuluhan KB ini nantinya diharapkan dapat menjadi tempat untuk merancang program mengenai permasalahan kependudukan, Program Penurunan dan Penanganan Stunting, Program Pembinaan Keluarga Sejahtera (BKB,BKR, BKL,PIK Remaja, dan UPPKS) dan lainnya.

Untuk Penyuluh KB yang bertugas di Kecamatan Sei Menggaris agar segera memfungsikan Balai Penyuluhan KB tersebut sesuai peruntukannya. Dengan adanya keberadaan bangunan balai ini,diharapkan agar penyuluh KB yang ada dapat lebih maksimal dalam membina warga agar mengetahui secara detail pentingnya program Bangga Kencana dalam menjalankan pembangunan di daerah guna mewujudkan keluarga yang sehat, berkualitas dan sejahtera”, imbuhnya.

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim