SIMP4TIK News - Mewakili Bupati Nunukan, Abdul Munir selaku Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra tutup Bimtek MasterPlan Smart City yang bertempat di lantai 5, Kamis (19/10).

Abdul Munir mengatakan atas nama pemerintah kabupaten Nunukan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang telah melakukan pembimbingan kepada jajaran Aparatur Pemerintah Kabupaten Nunukan dalam bimbingan teknis dalam rangka mewujudkan Kabupaten Nunukan sebagai Kota Cerdas.

Telah diketahui Kabupaten Nunukan bersama 50 Kabupaten dan kota se Indonesia mendapat kepercayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menerima Program Smart City (Kota Cerdas) di tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Kominfo Kaharuddin, SS juga mengatakan hadirnya enam dimensi smart city dalam bimbingan teknis ini diharapkan mampu mengakomodir semua harapan tersebut. "6 dimensi yang telah dirumuskan dan meleburkan tugas dan fungsi perangkat daerah dalam sebuah format perencanaan,” tutur Kahar.

Penerapan smart city bukan hanya tanggung jawab Diskominfo, melainkan seluruh OPD di Pemerintah Kabupaten Nunukan Smart city mencakup beberapa dimensi yang berhubungan dengan seluruh OPD.

DR. Supia Yuliana,M.M selaku Tim Pendamping Smart City mengatakan ringkasan eksekutif MasterPlan Kabupaten Nunukan bersama tim penyusun telah menetapkan 7 program unggulan yang akan dievaluasi pelaksanaannya oleh Kementerian Kominfo RI pada akhir 2024 yang akan datang.

Masterplan Smart city Kabupaten Nunukan ini hadir sebagai wadah berbagai inovasi yang muncul dari proses berfikir kreatif dan identifikasi aktif memungkinkan setiap ide dapat memperkaya ide yang lainnya. MasterPlan Smart city juga memastikan bahwa suatu ide tidak akan berdiri sendiri melainkan menjadi bagian dari suatu rencana implementasi yang terintegrasi dan komprehensif. 

DR Supia berharap implementasi Smart City di Kabupaten Nunukan ini mendorong percepatan pencapaian kualitas pembangunan daerah, mengurangi permasalahan daerah, hingga tercapainya visi Smart City yang sudah di tetapkan yaitu Nunukan Cerdas, Inovatif, Berkelanjutan, Tangguh, Aman dan Sejahtera (Cinta Nunukan).

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS