SIMP4TIK News – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Sebatik Tengah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Mitigasi Bencana yang berlangsung di Aula Abdi Praja Kecamatan Sebatik Tengah, Rabu (22/11).

Dalam laporannya, Ketua BKAD Arham, menyampaikan harapannya untuk semua peserta agar dapat menyerap materi yang disampaikan oleh pemateri dan juga dari materi yang di dapatkan dapat diterapkan di Desa masing-masing.

Sementara itu, mewakili Camat Sebatik Tengah Aris Nur, SSTP,  Sekertaris Camat Andi Supardi, S.Pd., M.Pd menghimbau kepada peserta untuk saat ini di tengah kondisi cuaca panas untuk mengantisipasi berbagai bencana dan musibah khususnya musibah kebakaran. Oleh karena itu kepada para perokok untuk tidak membuang sisa rokok sembarangan dan memastikan sisa rokok sudah mati sebelum dibuang untuk mencegah terjadinya kebakaran. 

Kemudian Andi Supardi juga menyampaikan untuk tidak membuang sampah ke sungai agar pada saat musim hujan tidak terjadi bencana banjir, selain itu juga disampaikan kepada Kepala Desa yang hadir untuk menyampaikan kepada ketua-ketua RT untuk kerja bakti membersihkan selokan di sekitar rumah warga agar kelihatan bersih.

Bimtek Mitigasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pemerintah desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam pengelolaan Bencana di Desa yang diharapkan akan dapat mewujudkan Desa Tangguh Bencana dan terbentuknya peta rawan bencana desa serta jalur evakuasi bencana di Desa.

Peserta Bimtek Mitigasi Bencana diikuti dari perwakilan setiap Desa yang berjumlah 54 orang. Bimtek Mitigasi Bencana ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan metode Pemberian Materi dan simulasi penanggulangan bencana dengan Pemateri yang berasal dari Kecamatan Sebatik Tengah, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nunukan dan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Nunukan.

Teks/Foto : Muhammad Nursyahwal, A.Md.T (Tim Publikasi KECAMATAN SEBATIK TENGAH )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom