Nunukan, SIMP4TIK - Pemerintah Kabupaten Nunukan siapkan 55 unit komputer yang akan digunakan pada ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT.

Tidak hanya itu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) Kabupaten Nunukan juga melakukan pembenahan ruangan sesuai dengan standar ruangan tes CAT dari Badan Kepegawaian Negera (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) Kabupaten Nunukan, Sura’i mengatakan, Pemkab Nunukan telah melakukan persiapan dalam penyelenggara test CPNS dan PPPK tahun 2024 ini.

"Ini merupakan bentuk keseriusan dari pemkab nunukan, dimana selama ini kita melaksanakan tes di Tarakan, sehingga itu memberatkan ongkos untuk anak-anak kita yang ingin ikut test," terang Sura'i, Jumat (5/4/2024).

Lanjut Sura'i, untuk pengadaan komputer dan pembenahan ruangan sesuai dengan standar BKN, Pemkab Nunukan telah mengalokasikan dana Rp1,3 Milyar lebih.

"Pengadaan komputer 55 unit anggarannya Rp1,2 milyar sedangkan pembenahan ruangan mulai dari pemasangan lantai vinyl, pengecatan, pengadaan meja penyimpanan berkas, dan meja penerimaan, anggarannya kurang lebih Rp159 juta," bebernya.

Selain itu jaringan internet dengan koneksi yang kuat dan stabil juga sangat di butuhkan, pada saat pengoperasian Komputer test CAT.

"Dalam hal ini kami sudah berkoordinasi dengan Diskominfo, agar kami di fasilitasi dengan kekuatan jaringan dan hardware, sehingga jaringan internetnya kuat dan stabil," ujarnya.

Menurut Sura'i, sebelum nanti dilaksankan test, pihak BKN akan terlebih dahulu datang mengecek kelayakan komputer, jaringan dan ruangannya.

"Kita berharap semua sesuai dengan standar BKN, sehingga nanti kita bisa melaksanakan test CAT di Nunukan, sesuai jumalah komputer kita akan bagi per sesinya 50 peserta," imbuhnya.
 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom