SIMP4TIK News - Berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 360/7235/SJ tanggal 1 November 2022 perihal kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana hidrometeorologi dan berdasarkan informasi terkini dari BMKG bahwa wilayah Indonesia berada pada katagori curhat hujan menengah hingga tinggi, dengan sifat hujan diatas normal mendominasi sekitar 68,45 luasan wilayah Indonesia, serta menindaklanjuti hasil rapat koordinasi tingkat menteri tentang update penanggulangan bencana dan antisipasi siaga darurat bencana di Indonesian.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah menggelar Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana di Wilayah Kabupaten Nunukan Tahun 2022 bertempat di Halaman Kantor Bupati Nunukan, Selasa(8/11).

Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE.,MSi menjelaskan Bencana merupakan suatu hal yang patut menjadi perhatian kita bersama, sehingga segala sesuatu yang terkait dengan upaya penanggulangan bencana harus menjadi tanggung jawab bersama dari seluruh elemen bangsa mulai dari pemerintah maupun masyarakat.

"Satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan meningkatkan kapasitas dan kemampuan, mulai dari aparatur hingga masyarakat dalam menghadapi dan mengantisipasi potensi dan kejadian bencana. Kegiatan - kegiatan yang dilakukan pada saat tidak ada bencana perlu dilakukan sedini mungkin, seperti pelatihan, simulasi, sosialisasi dan kegiatan yang melibatkan peran aktif masyarakat," jelasnya. (*)

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom