Nunukan Selatan, SIMP4TIK - Sabtu, (24/2) siswa-siswi SMPN 2 Nunukan Selatan menggelar kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) di Kelurahan Tanjung Harapan, Mamolo, Nunukan Selatan. Sebanyak 50 peserta aktif terlibat dalam kegiatan yang berlangsung dari hari Jumat hingga Minggu.

Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan untuk berbagi pengetahuan dengan peserta. Awan, sebagai narasumber kebencanaan, memaparkan materi dengan tema "Menumbuhkan Jiwa Relawan Palang Merah yang Berkualitas". Materi utama yang dibahas adalah Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Teknik Evakuasi korban, yang dianggap sebagai ilmu wajib bagi kader relawan PMR.

Dalam penyampaiannya, Awan menekankan pentingnya peran setiap kader dalam berbagai aktivitas, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Hal ini dikarenakan potensi terjadinya musibah yang tidak terduga.

"Dengan memiliki pengetahuan dasar tentang BHD, para kader diharapkan mampu memberikan pertolongan pertama kepada korban yang membutuhkan"ucapnya.

Selain itu, peran relawan PMR juga diberikan pemaparan terkait karakteristik bencana yang mungkin terjadi di sekitar lokasi sekolah dan tempat tinggal peserta. Peserta diharapkan dapat menjadi mata dan telinga yang peka terhadap gejala alam yang dapat menjadi ancaman, sehingga mereka dapat siaga menghadapi bencana tersebut.

Diharapan nantinya para peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan, sehingga dapat menjadi relawan yang handal dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam situasi darurat.

Teks/Foto : RAIS (Tim Publikasi BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim