SIMP4TIK News - Menindaklanjuti arahan Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD terkait mengatasi kekuarangan air bersih akibat el nino yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan menyalurkan air bersih kepada masyarakat. 

Penyaluran air bersih yang berlangsung pada Jumat (5/5) ini dilakukan di kawasan Pasar Baru Nunukan. Pada saat mobil tangki BPBD membawa air bersih di kawasan tersebut, nampak antusiasme masyarakat mengambil air  dari mobil tangki. 

"Air bersih adalah kebutuhan mendasar bagi masyarakat,  sehingga pembagian air bersih secara gratis dilaksanakan karena tidak normalx pelayanan PDAM karena minimx ketersediaan air di embun PDAM  yang ada di Kampung Tator," katanya.

Terbatasnya pasokan air ini karena Nunukan akhir-akhir ini jarang turun hujan deras sehingga embun semakin hari mengalami kekuarangan persediaan air baku.

"Yang terjadi  terjadi karena dampak kekeringan atau musim kemarau dan cuaca ekstrim  yang melanda Kabupaten Nunukan," katanya. 

Pembagian air bersih melalui mobil tangki yang disalurkan melalui mobil tangki milik Pemerintah Daerah merupakan tindakan cepat untuk bisa membantu masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah. 

"Sebagai tindakan cepat untuk bisa mengurangi beban masyarakat terhadap kekurangan air bersih ini, Bupati memerintahkan BPBD untuk menyuplai air ke masyarakat melalui mobil tangki, karena sesuai dengan komitmen ibu Bupati, Pemerintah harus segera hadir membantu masyarakat mengatasi kebutuhan dasar yang sedang dihadapi masyarakat, seperti ketersediaan air ini," ungkap Arief Budiman.

Arief Budiman menjelaskan untuk jangka panjang penyediaan air bersih Pemerintah Daerah berencana akan menggunakan sumur bor yang yang jumlahnya disesuaikan tingkat kepada penduduk di suatu kelurahan dan beberapa langkah lain yang sudah dirancang Bupati. 

"Rencananya hari Senin Pemerintah Daerah akan melakukan rapat dengan melibatkan semua stakeholder agar permasalahan kelangkaan air di musim kering di Nunukan dapat diatasi," jelas Arief Budiman. 

Selain usaha tersebut Arief Budiman menyampaikan kepada pengguna air bersih untulk lebih bijaksana di dalam menggunakan air karena kondisi el nino ini diperkirakan masih akan berlangsung. 

Disamping itu, "Masyarakat Kabupaten Nunukan  yang terdampak terhadap kekurangan air bersih ini diharapkan untuk berdoa agar hujan segera turun  untuk mengatasi permasalahan air bersih di Kabupaten Nunukan ini," katanya. (*)