Nunukan, SIMP4TIK - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang gencar mendorong percepatan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA). Terbaru, BRIN melalui Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah  menyambangi Kabupaten Nunukan, Jumat (8/3/2024). 

Dihadapan Sekretaris Daerah, perwakilan dari BRIN, Asep Saepudin SE,M.Si dan Guruh Pratama Kurniawan SE.,M.SiPe, memaparkan alur proses pembentukan BRIDA hingga struktur dan kolaborasi BRIN dengan Pemerintah Daerah. 

“Kami mendorong percepatan pembentukan BRIDA di Kabupaten Nunukan demi mendorong kelancaran pelaksanaan koordinasi program dan kebijakan BRIN di daerah,” ucap Asep.

Ditambahkannya, jika BRIDA sudah terbentuk, SDM yang ada di BRIDA akan dapat berkolaborasi dengan stakeholder. Baik dari pemerintah, swasta, perguruan tinggi, industri, masyarakat, atau pun Lembaga riset lainnya.

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Litbang Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Bagian Organisasi Setda Nunukan, Kepala Bidang Litbang dan Inovasi Daerah Bappeda Litbang, dan Kepala Bidang Mutasi, Promosi dan Evaluasi Kinerja ASN BKPSDM Nunukan.  

Sekretaris Daerah, Serfianus menuturkan bahwa iklim inovasi di Nunukan telah berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan eksistensi Pemkab Nunukan dalam menciptakan berbagai inovasi di berbagai bidang. Bahkan ada pula inovasi daerah yang berprestasi hingga pusat

“Untuk pembentukan BRIDA, kami akan menyesuaikan kebutuhan di Daerah. Pastinya hal tersebut sangat baik, terlebih untuk meningkatkan daya saing daerah,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa sejauh ini, Pemkab Nunukan masih mengundang akademisi dari universitas-universitas ternama dalam rangka melakukan riset dan kajian, karena Kabupaten Nunukan masih belum banyak memiliki SDM periset.

Diakhir pertemuan, pada sesi diskusi, perwakilan dari BRIN memberikan apresiasinya terhadap inovasi yang telah tercetus baik dari Pemerintah Kabupaten maupun dari masyarakat kabupaten Nunukan.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim