SIMP4TIK News - Budayakan minat baca bagi anak-anak di Perbatasan TNI-Polri membuka rumah belajar dan perpustakaan di Desa Binalawan Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Rumah Belajar dan Perpustakan ini diresmikan langsung oleh Kapolres Nunukan, AKBP Taufik Nurmandia, S.I.K., M.H didampingi ketua Bhayangkari Cabang Nunukan Ny. Melly Taufik Rabu, (5/7).

"Dibukanya rumah belajar dan perpustakaan merupakan wujud dedikasi TNI-Polri untuk Negeri dan bakti di Tapal Batas NKRI. Ini disediakan bagi anak-anak, khususnya yang orang tuanya buruh migran," ucap Kapolres.

Taufik Nurmandia menyebut Polres Nunukan sebelumnya sudah menyediakan Rumah Belajar di Kampung Timur, Kelurahan Nunukan Barat, Nunukan dan satunya yang baru diresmikan di Desa Binalawan.

Adapun dalam pelaksanaannya Polres Nunukan berkolaborasi dengan Wahana Pendidikan Perbatasan (WPP), yang berorientasi pada pendidikan usia dini.

"Dimana yang menjadi sasarannya seperti yang buta aksara, anak putus sekolah, pendampingan anak dalam belajar dan memfasilitasi anak untuk dapat melanjutkan pendidikan baik Formal maupun Program Paket termasuk juga kelengkapan data diri seperti akte, kartu keluarga dan lain-lain," ujarnya.

Lanjut Taufik Nurmandia, beberapa Personel Polres Nunukan akan ikut dan terlibat sebagai Relawan WPP dimana personil akan mengajar anak-anak saat melakukan patroli  ataupun membagi waktu setelah jam dinas.

Taufik Nurmandia berharap melalui  rumah belajar, anak-anak yang awalnya tidak dapat membaca, akhirnya bisa membaca, yang awalnya putus sekolah bisa lanjut bersekolah.

"Sebagai Polri yang bertugas di Perbatasan, Polres Nunukan ikut peduli pada pendidikan yang menjadi salah satu point untuk meningkatkan Kesadaran Hukum, Tertib di Lingkungan Sosial serta membangun SDM, sehingga dapat menekan terjadinya Tindak Pidana," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom