SIMP4TIK News - Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (DPK) menggelar Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Kearsipan di Kabupaten Nunukan bertempat di Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (22/11).

Undang-undang kearsipan nomor 43 Tahun 2009 menyebutkan bahwa arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi yang dibuat diterima oleh Lembaga negara organisasi, korporasi maupun perorangan.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid, SE MM PhD didampingi Sekretaris Daerah Serfianus, S IP MSi dan Direktur Kearsipan Daerah l Rudi Anton, SH MH serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Laura menegaskan arsip sangat penting sebagai alat pembuktian bahan penyusunan perencanaan birometer untuk mengukur berhasil tidaknya sebuah kegiatan dan sebagai bahan informasi dan kegiatan ilmiah.

"Selama ini harus diakui bahwa negara kita sangat lemah dalam hal pengelolaaan arsip, kita baru kalang kabut mencari arsip ketika arsip tersebut sangat di butuhkan sebagai bahan pembuktian sebuah kegiatan atau sebuah peristiwa tidak perlu jauh jauh koran terbitan seminggu yang lalu saja saya yakin kita akan kesulitan mendapatkannya," ujar Bupati Laura.

"Itulah kondisi yang kita alami, kita begitu abaikan dan kurang peduli dengan arsip padahal budaya pengarsipan yang baik akan bisa menjadi gambaran kemajuan sebuah bangsa," tambahnya.

Begitu pentingnya arsip khususnya di kalangan pemerintahan. "Kepada seluruh opd di lingkungan pemerintahan Kabupaten Nunukan agar mulai memberikan perhatian yang sungguh-sungguh dalam pengelolaan arsip di instansinya masing masing. Kepala opd harus memberikan arahan kepada seluruh jajarannya agar menyimpan, menyusun dan mengelola arsip dengan sebaik - baiknya sehingga memudahkan pencarian Ketika ada arsip yang di butuhkan," tegas Laura.

Agar ada sanksi yang tegas dari opd yang tidak tertib dalam pengelolaan arsip. Sanksi harus diberikan sebagai pembelajaran supaya kedepan tidak ada lagi instansi yang bermain main dengan pengelolaan arsipnya.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom