SIMP4TIK News -  Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura melaunching Minyak Goreng Kemasan Rakyat dengan merek dagang Minyakita dengan harga Rp14.000 perliter, bertempat di Lobby Kantor Bupati Nunukan pada Senin, (27/2).

Bupati Nunukan berharap dengan launcingnya Minyakita, bisa menjadi  solusi bagi masyarakat  ditengah tingginya harga minyak goreng.

“Terus terang menjadi satu hal yang tidak mungkin hadirnya minyak goreng dengan harga 14.000 perliter di Nunukan, mengingat kondisi geografis Kabupaten Nunukan yang letaknya sangat jauh dan berada di ujung pulau Kalimantan. Karena adanya komunikasi dan kerjasama yang baik oleh Pemda Nunukan dan Bulog Cabang Tarakan, hari ini kita bisa menghadirkan salah satu produk Bulog berupa minyak goreng. Semoga kerjasama ini  bisa berjalan dengan lancar dan berkelanjutan sehingga kedepannya bisa bertambah lagi produknya bulog yang ada di kabupaten Nunukan  seperti gula dan beras. 

Sementara itu Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Tarakan Apriansyah mengatakan Minyakita ini merupakan Program Kementerian Perdagangan, yang dihadirkan ditengah kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng. Karenanya diwajibkan kepada semua produsen minyak goreng untuk memproduksi Minyakita. Minyakita ini bukan diproduksi oleh Bulog, namun Bulog hanya berperan sebagai pendistribusi, ketersediaan stok, stabilitasi dan keterjangkauan harga.

"Jumlah Minyakita yang akan didistribusikan di Nunukan sebanyak 20.000 liter. Saat ini yang siap diedarkan adalah 12.000 liter yang berada di gudang Bulog Nunukan, dan sisanya masih ada 8.000 liter di kapal.  Jumlah ini kemungkinan bisa bertambah mengingat  fasilitas transportasi ke Nunukan yang cukup memadai dengan adanya Tol Laut dan persiapan menjelang ramadhan, karena untuk Kalimantan Utara stok yang tersedia adalah 80.000 liter," lanjut Apriansyah.

Menurut Sabri selaku kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan yang aktif dalam melakukan komunikasi dengan pihak Bulog sehingga Minyakita dapat dirasakan oleh masyarakat  Nunukan,  mengharapkan  dengan hadirnya Minyakita dengan HET Rp14.000 perliter,  bisa mengurangi beban kenaikan harga barang primer bagi masyarakat utamanya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menggunakan minyak goreng untuk berproduksi.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Perum  Bulog dengan Koperasi Konsumen Pioner Sukses Sejahtera (Kopisuster) yang menjadi pendistribusi Minyakita di Nunukan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Perum Bulog Cabang Tarakan, Ketua DPRD Kabupaten Nunukan, FORKOMPIMDA Kabupaten Nunukan, Kepala OPD, dan Camat Nunukan Selatan.

 

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Asa Zumara, SS