Nunukan, SIMP4TIK - Mewakili Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Deputi 3 Penanganan Darurat Mayjen TNI Fajar Setiawan melaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan, Rabu (7/2/2024).

Deputi beserta rombongan tiba di Desa Atap Kecamatan Sembakung dengan menggunakan Speed Boat dan disambut langsung oleh Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dengan mengalungkan Syal dan memakaikan rompi.

Kunker rombongan Deputi tersebut diawali dengan dialog bersama Bupati dan warga Desa Atap Sembakung. Sebagai pemerintah daerah Bupati Laura menyampaikan selamat datang kepada Deputi beserta rombongan di Kabupaten Nunukan.

"Kunjungan ini merupakan satu kehormatan yang besar bagi kami, sekaligus sebagai bukti adanya perhatian yang besar dari pemerintah pusat kepada masyarakat di Sembakung yang saat ini sedang mengalami musibah tanah longsor," ucapnya.

Di kesempatan itu, Laura menyampaikan kondisi wilayah kecamatan Sembakung yang berada di daratan lebih rendah dari daerah sekitarnya. Maka tidak heran jika wilayah Sembakung sering mengalami bencana alam khususnya bencana banjir. 

Disampaikan Laura, untuk menghindari banjir,  beberapa Desa telah direlokasi oleh pemerintah kebeberapa daerah yang lebih tinggi. Namun diakui Laura bahwa sebagian besar masih ada masyarakat yang belum direlokasi karena berbagai pertimbangan dan alasan. Selain relokasi, dibangun juga bronjong di siring sungai

Deputi Mayjen Fajar mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang rawan mengalami becana, bukan hanya di daerah Sembakung di daerah-daerah lainnya juga sering terjadi becana. Namun Fajar mengajak masyarakat untuk tidak menyerah. 

Disampaikan Fajar bahwa BNPB hadir untuk bisa berkontribusi positif bagi masyarakat nunukan sesuai tugas dan fungsinya.

Lanjut Fajar awal tahun 2024 ini curah hujan akan semakin bertambah sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir susulan dikemudian hari. 

"Hari kami membawa bantuan buat masyarakat untuk antisipasi banjir dan keperluan dasar  lainnya " ujarnya.

Selain itu Fajar juga mengintrusikan kepada pemerintah kabupaten Nunukan supaya membuat proposal apa saja yang dibutuhkan untuk mencegah banjir atau antisipasi banjir yang nantinya akan kami diskusikan di pemerintah pusat. Dengan harapan nantinya potensi banjir di Kecamatan Sembakung semakin kecil.

Selesai dialog dilakukan penyerahan bantuan oleh Deputi kepala pemerintah daerah nunukan yang diterima langsung oleh Bupati Nunukan dan penyerahan bantuan kepada warga Desa Atap, dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pemukiman warga yang akan direlokasi yakni warga Desa Tembelunu. 

 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom