SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD mengatakan Musrenbang kewilayahan merupakan forum pembahasan hasil kesepakatan usulan Musrenbang Kecamatan.

"Musrenbang kewilayahan ini lebih kepada mengkristalkan usulan-usulan dari masyarakat dari tingkat kecamatan," ujar Laura, Kamis (2/2).

Kegiatan Musrenbang kewilayahan yang diinisiasi oleh Bappeda Kabupaten Nunukan ini menghadirkan Camat dan Lurah di Kabupaten Nunukan untuk menyampaikan usulan dari wilayahnya masing-masing.

"Ada 67 usulan dimusrenbang kewilayahan, kita mengundang Camat dan Lurahnya agar mereka menyampaikan yang paling penting dari 67 itu," terang Laura.

Lanjut Laura, misalnya nanti dari 67 usulan yang disampikan akan mengerucut menjadi 20, itu nanti yang akan dikawal ke Musrenbang Kabupaten.

"Dari Kabupaten akan melihat yang mana lebih penting itu yang akan ditindaklanjuti ditahan 2024," jelas Laura.

Laura menjelaskan Musrenbang ini satu diantara proses dalam penyusunan RKPD tahun 2024, yang dilaksanakan secara bottom up dan partisipatif dengan menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil-hasil pembangunan daerah.

Hal itu sesuai aturan yang dimuat dalam peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyusunan Dokumen Perencanan dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah.

Menurut Laura, fokus pembangunan daerah Kabupaten Nunukan tahun 2024 wajib diselaraskan dengan 8 arahan Presiden Republik Indonesia (RI) yang disampaikan, pada rapat koordinasi Nasional (Rakoornas) kepala daerah dan forum komunikasi kepala daerah se-Indonesian tahun 2023.

Diantaranya, mengendalikan inflasi di daerah, menurunkan kemiskinan ekstrem sampai target 0% pada tahun 2024, Menurunkan angka stunting, Mempermudah investasi, meningkatkan penggunaan produk-produk dalam negeri, upaya memaksimalkan potensi-potensi daerah, menjaga stabilitas politik dan keamanan serta menjamin kebebasan beragama.

Laura menyebut tahun 2024, merupakan tahun ketiga masa kepemimpinannya dalam pelaksanaan RPJMD Kabupaten Nunukan.

"Sehingga dalam rangka peningkatan kinerja program pembangunan saya mengharapkan adanya kerjasama lintas sektor sehingga program yang akan kita lakukan ditahun 2024 bisa lebih fokus dan selaras antara kabupaten, provinsi dan program Nasional," imbuh Laura.

Turuh hadir pada acara Musrenbang, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Utara Andi Muhammad Akbar, Ketua DPRD Kabupaten Nunukan H. Rahma Leppa, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan H. Saleh, para Asisten dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan, Forkopimda, Forkopimcam, jajaran Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan, para Camat serta para Lurah.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom