SIMP4TIK News - Musrenbang Kewilayahan RKPD Kabupaten Nunukan 2024 tingkat kecamatan dibuka oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE. MM,.P. Dh. di gedung Futsal Tulin Onsoi, Rabu (8/2).

Setelah sambutan Laura memberikan plakat Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 kepada kecamatan  yang  mendapat penghargaan dari Dinas Pariwisata Provinsi  Kalimantan Utara melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta  Pariwisata. Tahapan nominasi ada tiga tahap. Yakni  500 besar, 300 besar, 100 besar dan 50 besar. Dari 4.414 desa wisata yang turut serta, Kabupaten Nunukan masuk seleksi tahap 500 dan 300 besar desa wisata se-Indonesia. 

Kabupaten Nunukan yang masuk dalam nominasi tersebut di kecamatan yakni Desa Sekaduyan Taka, Desa Sumantipal, Desa Labang nominasi 500 besar sedangkan Desa Bululuan hilir nominasi 300 besar dan Kecamatan Krayan induk Desa Long bawan dan desa Long Matung (Arur Kinagan) dengan nominasi 500 besar. Bagi Desa Wisata yang masuk dalam 50 besar akan mendapat dana pendamping intesif untuk membangun desanya dari KemenParekraf. 

Menurut Kepala Disbudporapar Junaidi bahwa program Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022 adalah program Indonesia Bangkit oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia. Ia juga mengucapkan selamat kepada desa wisata yang mendapatkan plakat ADWI  tahun 2022 sebagai simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional. 

Pendaftaran ADWI 2023 kembali dibuka mulai tanggal 30 Januari -  26 Februari 2023 di link yg telah tersedia melalui Disbudporapar Kabupaten Nunukan (*).

Teks/Foto : Kinda Lenjau, S. Th (Tim Publikasi DINAS KEBUDAYAAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA SERTA PARIWISATA )

Editor : Asa Zumara, SS