SIMP4TIK News- Kegiatan Jambore Ranting dan HUT Pramuka ke-62 yang di laksanakan tanggal 5-9 September 2023 secara resmi ditutup oleh Hj.Asmin Laura Hafid selaku Bupati Kabupaten Nunukan pada Sabtu (09/09).

Kegiatan ini dimulai dengan upacara penutupan hari pramuka ke 62 dan Jambore Ranting Pulau Nunukan dan Pesta Siaga wilayah Nunukan dengan Bupati Nunukan sebagai pembina upacara.

“Saya berharap agar kwartir daerah tidak sekedar memperhatikan soal pemilihan ketua DKN dan ketua kwarnas saja melainkan juga ikut membahas rencana strategis, rencana kerja, dan program kerja Gerakan Pramuka untuk 5 tahun kedepan, pemilihan ketua DKN dan ketua Kwarnas jangan di jadikan ajang seperti pemilihan di dalam kaitan politik praktis justru kita hendaknya tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan sesuai dengan kode kehormatan kita yaitu tri satya dan dasa darma Pramuka,” ujar Laura saat menyampaikan amanat pembina upacara.

Di akhir amanat Bupati Laura juga mengucapkan beberapa pantun, salah satunya yaitu

“Pergi ke sungai bersama teman

Mandi berenang deras arusnya

Mantap memang kwarcab Nunukan 

Sukses bersama jambore rantingnya”

Jumlah peserta Jambore Ranting yang dilaksanakan tanggal 5-9 September 2023 adalah 666 orang. Rinciannya 592 pramuka penggalang dan 74 orang pembina yang berasal dari 31 SD dan SMP se Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan serta 1 SD dari Kecamatan Sebuku. Dilanjutkan Pesta Siaga wilayah Nunukan yang dilaksanakan tanggal 7 September 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 315 orang, rinciannya 285 pramuka siaga dan dan 30 orang pembina pendamping.

Terselenggaranya kegiatan ini karena adanya dukungan dari semua pihak yaitu dari Pemerintah Daerah, TNI, Polri, fKepala Sekolah dan Pembina, orang tua peserta didik serta unsur lainnya yang peduli terhadap kegiatan Gerakan pramuka. Dalam penyelenggarannya kolaborasi guru baik tingkatan SD,SMP dan SMA sederajat serta adik adik dari dari SMA dan SMK di Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan yang bergabung sebagai panitia pelaksana.

Sumber anggaran kegiatan berasal dari Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui dana hibah yang di berikan pada kwartir cabang Gerakan Pramuka Nunukan, fee peserta dan dukungan dari baznas dan BPD kaltimtara cabang Nunukan.

 

Teks/Foto: Nur Hasnawiyah (Mahasiswa magang jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS