SIMP4TIK News - Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sebatik Barat, Camat Hj. Ramsidah, SKM., MM membuka acara pemberian penghargaan kepada Desa berdasarkan hasil evaluasi dan pembinaan administrasi desa se-Kecamatan Sebatik Barat yang dilaksanakan pada tanggal 20-23 Desember 2022 silam, Rabu(18/1).

Hj. Ramsidah dalam sambutannya menekankan pentingnya tertib administrasi di desa. Sebagaimana amanat UU Desa yang menjadikan desa bukan lagi sebagai objek pembangunan semata. Melainkan desa sekarang sebagai subjek sentral dan ujung tombak dalam pelayanan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga mau tidak mau, pemerintah desa harus senantiasa terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas SDM maupun pelayanannya kepada masyarakat secara berkesinambungan. Apalagi Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikelola desa adalah dana yang sangat besar dan perlu pengelolaan yang transparan serta tepat sasaran.

Pemberian penghargaan yang diterima oleh Kepala Desa masing-masing merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Kecamatan Sebatik Barat kepada empat Desa di Sebatik Barat (Binalawan, Setabu, Bambangan dan Liang Bunyu). Hal ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi lintas sektor di Kecamatan Sebatik Barat.

"Tujuan utama dari pemberian penghargaan ini tentunya untuk memberikan motivasi kepada desa agar terus meningkatkan kinerja dan kapabilitasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Ramsidah.

Hasil evaluasi tertib administrasi desa tahun 2022 menempatkan Desa Binalawan sebagai juara 1, Desa Setabu sebagai juara 2, Desa Bambangan juara 3 dan Desa Liang Bunyu sebagai juara harapan.

"Kuncinya adalah kekompakan kita semua, meskipun kita punya program kerja yang baik, namun tanpa kebersamaan, pasti hasilnya nihil," lanjutnya.

Ramsidah menutup sambutannya dengan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder baik kepada pemerintah desa, pihak keamanan, pihak kesehatan, penyuluh dan seluruh pihak. Atas kerjasama dan dukungannya selama ini dalam menyukseskan program pemerintah di Kecamatan Sebatik Barat.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Desa se-Kecamatan Sebatik Barat, Kepala UPT Puskesmas Setabu, PPL Pertanian, Penyuluh KB, anggota PKK, Babinsa Binalawan, Perwakilan Polsek Sebatik Barat, Danpos Marinir Tembaring, Danpos Pamtas Bukit Keramat, Pamtas Bambangan, perwakilan Kwarcab Nunukan dan para tamu undangan lainnya.

Teks/Foto : Hj.RAMSIDAH, SKM,MM (Tim Publikasi KECAMATAN SEBATIK BARAT )

Editor : Asa Zumara, SS