Nunukan, SIMP4TIK - Puskesmas Nunukan melakukan demo masak MP-ASI kaya protein untuk cegah stunting di Posyandu Bambu, Kelurahan Nunukan Tengah, Senin (29/1/2024).

MP-ASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping ASI. MP-ASI adalah makanan tambahan yang di berikan kepada bayi pada usia 6 bulan ke atas sebagai pelengkap ASI. MP-ASI harus mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi, serta menyediakan nutrisi tambahan gizi bayi yang sedang bertumbuh.

Saat ini anak dengan usia di bawah dua tahun (Baduta) merupakan kelompok rentan gizi yang dapat menentukan kualitas hidup di masa yang akan dating, sehingga pemenuhan nutrisi nya perlu optimal.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan tentang pembuatan MP-ASI bagi ibu yang memiliki bayi berumur 6 bulan hingga dua tahun sehingga dapat mengantisipasi sejak dini kemungkinan tidak terpenuhinya nutrisi.

Kegiatan ini terdiri dari pelayanan posyandu siklus hidup, kemudian melaksanakan demo masak MP-ASI kaya Protein Cegah Stunting. Adapun pembagian Survenir berupa susu dan pampers bagi balita yang hadir, kemudian penyuluhan dari ibu-ibukader tentang MP-ASI kaya protein cegah stunting. Hadir pada kesempatan tersebut petugas Puskesmas Nunukan, kader posyandu dan masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kader serta ibu yang memiliki balita dalam melakukan pengelolaan makanan MP-ASI kaya protein.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS