SIMP4TIK News - Cegah wabah penyakit dan banjir, Kodim 0911/Nunukan bersama TNI AL, Polres Nunukan, dan unsur Pemerintah Kabupaten Nunukan seperti Satpol-PP, DLH Kabupaten Nunukan, kecamatan, dan masyarakat melaksanakan karya bhakti bersama membersihkan pasar dan saluran air, serentak di wilayah Kodim 0911/Nunukan, Jumat (8/11/2023).

Dandim 0911/Nunukan, Letkol Inf Albert Frantesca Hutagalung mengatakan karya bhakti yang dilakukan bersama unsur pemerintahan dan masyarakat di Kabupaten Nunukan, dengan melakukan kegiatan bersih-bersih, pemungutan sampah serta saluran pembuangan air di sekitar pasar dan sungai-sungai.

Personil yang diturunkan terdiri dari TNI AD, TNI AL, POLRI Nunukan, Satpol-PP, DLH dan masyarakat sekitar pasar.

Selain itu ditempat terpisah juga dilakukan pembersihan sampah di Pasar di wilayah Kabupaten Nunukan, diantaranya Pasar Jl. Tien Lingkar  Kelutahan Nunukan Timur, Kecamatan Nunukan, Pasar Desa Binalawan Kecamatan Sebatik Barat, Pasar Desa Pancang Kecamatan Sebatik Utara, Pasar Desa Mansalong Kecamatan Lumbis, dan Pasar Desa Sanur Kec Tulin Onsoi.

"Pembersihan sampah hingga 110 meter kubik, ini untuk mencegah wabah penyakit, mencegah bakteri, virus yang dibawa oleh serangga seperti lalat yang hinggap di sampah, lalu mencemari sayuran, daging-daging, dan ikan-ikan yang dijual di pasar,"terangnya.

Selain kegiatan pencegahan wabah penyakit, juga dilakukan kegiatan pencegahan bencana banjir di wilayah-wilayah yang rawan banjir.

Dengan melakukan kegiatan penanaman pohon di Desa Tanjung Aru kecamatan Sebatik Timur sejumlah 750 pohon, pembersihan sungai/selokan di wilayah Kabupaten Nunukan sepanjang 1055 meter.

Serta pemungutan sampah di sekitar Jalan lingkar Kelurahan Nunukan Timur Kecatan Nunukan, Jalan Yamaker Kelurahan Nunukan Barat Kecamatan Nunukan, Jl. Ambulele Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, Jl.Jalan Pasar Binalawan Kecamatan Sebatik Barat, Jl. Kantor Pos Desa Pancang Kec Sebatik Utara, dan Jl. Mansalong Desa Mansalong Kecamatan Lumbis.

Menurut Albert Frantesca Hutagalung kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kasat jeldral Simanjuntak, yang memprogramkan untuk pembersihan seluruh daerah-daerah publik seperti pasar dan sungai-sungai dan dilaksankan serentak dalam satu bulan.

"Sesuai arahan Kasat, kami fokuskan di pasar-pasar dan bantaran-bantaran sungai yang sering terkena banjir, Ini juga adalah tanggung jawab kita semua untuk manjaga lingkungan kita tetap bersih," ucapnya.

Albert Frantesca Hutagalung mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Nunukan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal maupun area publik seperti pasar dan saluran-saluran pembuangan air.

"Jangan membuang sampah ke sungai, jaga kebersihan lingkungan sekitar,  Kebersihan sebagian dari iman, mari kita jaga kebersihan Kabupaten Nunukan," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS