Nunukan, SIMP4TIK - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik gelar Coffee Morning Forkopimda bersama penyelenggara pemilihan umum dengan mengusung tema "Bersinergi Wujudkan Pemilihan Presiden dan Legislatif Tahun 2024 yang Aman, Amanah, Jujur, dan Adil untuk Indonesia Maju" bertempat di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Jumat (26/1/2024)

Coffee morning ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan membahas kesiapan pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid menyampaikan bahwa menghadapi pemilu tahun ini, pemerintah daerah telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya melakukan sosialisasi disetiap kecamatan maupun di sekolah- sekolah, memfasilitasi pemeriksaan kesehatan secara gratis, menyiapkan kantor sekretariat KPPS, menyiapkan Pamsung disetiap KPPS, dan lain sebagainya. Laura juga memastikan netralitas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Laura berharap atas kerja sama antar pemerintah daerah, forkopimda, KPU serta Bawaslu, pemilu nantinya akan berjalan lancar.

Di kesempatan itu juga Bupati Laura meminta kepada seluruh forkopimda agar pada hari pencoblosan supaya turun langsung memantau di beberapa titik TPS.

"Kepada seluruh forkopimda saya meminta pada hari pemilu nanti setelah melakukan pencoblosan agar berkunjung ke beberapa titik TPS untuk memantau langsung dilapangan," ujarnya.

Sementara itu ketua komisi pemilihan umum (KPU) Nunukan Rahman menyampaikan bahwa tahapan pemilu saat ini telah memasuki tahapan akhir yang mana pihaknya telah menyiapkan logistik pemilu, yang menurutnya sudah mencapai 95 persen siap. Selain itu pihaknya juga telah melantik anggota KPPS secara serentak di Kabupaten Nunukan sekitar 5341 orang, begitupun dengan persiapan lainnya dipastikan sudah dilaksanakan. 

"Untuk persiapan pemilu ini kami sudah masuk di tahapan akhir baik dari anggota KPPS, logistik pemilu, dan kesiapan lainnya," jelasnya.

Senada dengan itu dari pihak Bawaslu Hariadi mengatakan pihak bawaslu juga telah melakukan pemetaan, pengawasan dan monitoring penyaluran logistik pemilu oleh KPU. 

Hariadi juga sangat mengapresiasi atas kerjasama dan dukungan yang  dari forkopimda dan seluruh stakeholder terkait. 

Sementara itu dari seluruh forkopimda sepakat untuk bersama-sama mendukung dan terus mengawasi pelaksanaan pemilu tahun 2024 ini. 

Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia mengatakan pihak juga telah melakukan berbagai persiapan diantaranya simulasi dan menyiapkan personil disetiap TPS untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut.

"Suksesnya suatu pemilu itu berada pada ketua KPU, jika ketua KPU nya tegak lurus maka dipastikan pemilu tersebut akan berjalan lancar," imbuhnya. 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom