Nunukan, SIMP4TIK – Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKPSDM Kabupaten Nunukan Mutiq Hasan Nasir mengatakan dari hasil seleksi administrasi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024, dari pendaftar 1619 yang lolos seleksi administrasi sebanyak 1476, selebihnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) Lulus Seleksi Administrasi.

“Sesuai dengan yang diumumkan secara elektronik dengan Kabupaten Bupati Nunukan Nomor P/ 1095 /BKPSDM.800.1.2.2 tentang Seleksi Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024, yang lolos seleksi administrasi sebanyak untuk Formasi Tenaga Kesehatan sebanyak 250 dan Formasi Tenaga Teknis 1226,” ucap, Mutiq.

Lanjut Mutiq, pelamar yang dinyatakan TMS seleksi administrasi dapat mengajukan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi, yang dibuka sejak tanggal 20 sampai dengan 22 September 2024 melalui akun masing-masing pelamar pada laman https://sscasn.bkn.go.id

Ketentuan dalam masa sanggah adalah pelamar diperkenankan untuk memperbaiki/mengubah/mengunggah ulang/memperbaharui dokumen yang telah diunggah karena data hasil seleksi administrasi telah tersimpan sampai dengan adanya aturan dan keputusan terbaru terkait hal tersebut.

“Pada seleksi administrasi kami banyak menemukan surat lamaran yang tidak sesuai dengan formatnya, ada juga ijazah tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan karena program studi berbeda, masa sanggah ini dibuka selama tiga hari silahkan yang TMS dapat memanfaatkan waktu tersebut, jadi nanti sanggahannya itu kita lihat yang mampu menjelasakan misalnya ketika verifikasi administrasi berkas itu kan ada kualifikasi pendidikan yang dulu nomenkaltur atau perogram studinya ini berubah, nah kalau dia bisa dan dapat menunjukkan surat keterangan penyetarannya itu mungkin dapat kita pertimbangkan,” terangnya.

Menurut Mutiq, dari ribuan pendaftar pengadaan CPNS Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024, sebanyak 373 pendaftarnya berasal dari Luar Kabupaten Nunukan.

“Dari 1619 pendaftar Kalau dari hasil meping pendaftar dari pulau Nunukan sendiri itu ada 659 pelamar, dari luar pulau masih di dalam Kabupaten itu 590, dan di luar Kabupaten Nunukan itu 373 ada dari Jakarta, Jawa tengah, palembang Sumatra Utara, kemudian dari yang terdekat KTT,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui formasi CPNS Kabupaten Nunukan sebanyak 240, terdiri atas 85 Formasi Kesehatan dan 155 Formasi Tenaga Teknis. Formasi CPNS dibuka secara umum, dan dapat diikuti oleh PPPK yang telah menjalani masa kontrak kerja minimal satu tahun dengan persetujuan PPK.

Sementara itu, dari hasil koordinasi BKPSDM Kabupaten Nunukan dengan BKN, untuk titik lokasi (tilok) pelaksanaan seleksi CPNS 2024, yaitu Nunukan, Lumbis dan Krayan direspon baik oleh BKN.

“Mereka meresponnya dengan cukup baik, kita mengusulkan 2 tilok dari 1 tilok sebelumnya sehingga menjadi tiga di Nunukan, Lumbis dan Krayan, harapannya tetap sesuai standar BKN  kita usahakan tiloknya dilaksankan di Nunukan untuk dan di wilayah VI,” ujar Mutiq.

Sedangkan untuk tilok tempat tes masing-masing peserta yang berada diluar Kabupaten Nunukan dapat mengikutinya di tempat mereka masing-masing sesuai pilihan tempat yang mereka pilih saat mendaftar, misalnya pendaftar berasal dari Jakarta maka mereka juga memilih tilok tesnya di daerahnya yaitu Jakarta.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom