Nunukan, SIMP4TIK - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Nunukan ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan hari ulang Dekranas yang ke -44 tahun  yang dilaksanakan di Kota Solo Jawa Tengah, Rabu (15/05/2024).

Acara HUT ke -44 Dekranas tahun 2024 di buka secara langsung oleh ibu negara, Iriana Joko Widodo dan hadir pula ketua umum Dekranas ibu Wury Estu Handayani Maruf Amin.

Ketua Dekranasda Kabupaten Nunukan, Hj. Sri Kustarwati mengatakan salah satu bentuk dukungan dari pemerintah daerah dalam membangun industri kerajinan adalah dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Dekranas karena ini merupakan wahana memperkuat komitmen bersama untuk melestarikan kerajinan lokal yang merupakan warisan budaya.

Lanjut Sri mengatakan, bentuk partisipasi Kabupaten Nunukan adalah dengan mengikuti pameran produk yang mana menampilkan berbagai macam kerajinan lokal nunukan yang berbahan dasar rotan dan bambu yang di modifikasi juga menampilkan batik Lulantatibu yang merupakan batik khas Kabupaten Nunukan selain itu juga menjual Beras Adan dan Garam Krayan.

“Alhamdulillah pada saat di buka stand pameran Kabupaten Nunukan langsung diserbu pengunjung dan baru hari pertama setengah dari  produk yang ditampilkan habis terjual," ujar Sri.

Herlina, SH yang merupakan PPTK kegiatan Dekranasda Kabupaten Nunukan yang juga hadir mewakili Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan di acara Hut Dekranas Solo mengatakan dari hasil pemantauan dilapangan selama empat hari pengunjung  yang hadir di stand Kabupaten Nunukan adalah ketua-ketua Dekranasda dari provinsi lain, namun yang paling banyak adalah dari kalangan akademisi para profesor dan dosen serta pengusaha yang rata-rata tertarik dengan produk yang di tampilkan karena berbeda dari produk provinsi yang lain.

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom