SIMP4TIK News - Memasuki masa Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOLPP) Kabupaten Nunukan menggelar Bimbingan Teknis Petugas Keamanan dan Ketertiban Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024 di Kabupaten Nunukan, bertempat di Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (6/12).

Kepala Satpolpp Mesak Adianto, menyampaikan tujuan pelaksanaan Bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas petugas Pamsung  di TPS menjadi profesional dalam menjalankan tugas yakni pengamanan dan ketertiban.

"Tujuan kegiatan bimtek ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para Pamsung di TPS menjadi profesional dalam menjalankan tugas yakni pengamanan dan ketertiban agar pemilu dan pemilukada dapat berjalan tertib dan lancar," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD mengatakan, pemilihan umum sangat membutuhkan stakeholder lain diluar penyelenggaraan seperti pemerintah daerah, TNI/Polri dan berbagai elemen masyarakat khususnya petugas keamanan TPS (Pamsung). 

"Sinergitas semua stakeholder dan peran serta masyarakat merupakan kunci utama kesuksesan dari sebuah pemilu maupun pemilukada," ujarnya.

Lanjut Laura, Pamsung tidak hanya bertugas pada saat pemungutan suara saja, akan tetapi dapat juga mengantisipasi keamanan disaat menjelang pemilu. Sekarang banyak sekali tersebar berita HOAX di masyarakat, jika tidak diantisipasi dari awal bisa dapat mengganggu ketenangan masyarakat. 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom