Nunukan, SIMP4TIK - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD memimpin langsung rapat secara daring bersama tim Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dari Universitas Brawijaya pada acara persiapan penyusunan pelaporan SAKIP bagi internal Pemerintah Kabupaten Nunukan. Kegiatan ini dilaksanakan di lantai IV Kantor Bupati Nunukan, Senin (29/01/2024).

Evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) adalah aktivitas analisis yang sistematis, pemberian nilai, atribut, apresiasi dan pengenalan permasalahan serta pemberian solusi atas masalah yang ditemukan untuk tujuan peningkatan akuntabilitas dan kinerja Instansi kerja pemerintah.

SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Laura berkata, untuk kita ketahui bersama berbagai upaya telah kita lakukan untuk mengoptimalkan implementasi reformasi dan birokrasi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Nunukan. Ikhtiar serupa juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas implementasi sistem akuntabilitas kinerja, namun apa daya belum mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal tersebut tergambar dari hasil evaluasi kementerian PAN-RB. Predikat implementasi RB (Reformasi dan Birokrasi) Pemerintah Kabupaten Nunukan masih bertahan di predikat CC dan SAKIP bertahan di predikat B. Meskipun mungkin penilaiannya naik, tapi predikatnya di beberapa tahun ini  CC dan B.

"Untuk itu saya telah memerintahkan kepada Sekretaris Daerah (sekda) dan Kepala Bagian Organisasi beberapa waktu yang lalu untuk merubah pendekatan dan strategi termasuk menggunakan konsultan atau pendamping dari lembaga yang berkompeten dan kredibel serta memiliki pengalaman di dalam memfasilitasi pemerintah daerah di dalam meningkatkan kinerja implementasi RB dan SAKIPnya," urai Laura.

Lanjut Laura, melalui kerja sama ini nantinya saya berharap agar Kabupaten Nunukan mampu meningkatkan kualitas  implementasi yang akan berimplikasi pada perbaikan predikat RB dan SAKIPnya. 

Laura berpesan kepada tim pendamping apabila menghadapi kendala akibat kurangnya kerjasama dari setiap kepala perangkat Daerah untuk tidak segan melaporkan kepada dirinya.

"Nanti bisa di share nomor whatshap saya langsung kepada ketua timnya. Jadi nanti kalau ada apa - apa kita tidak perlu ketemu tapi lewat Whatshap aja. Nanti segera saya eksekusi," ucap Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid.

Salah satu narasumber LKP Universitas Brawijaya, Andi Kurniawan memaparkan proses pendampingan penyusunan SAKIP.

"Di dalam proses pendampingan nanti kami akan memberikan proses panduan untuk komponen, sub komponen, variabel ini bukti dukungnya apa, dan jika bukti dukungnya sudah kita sebutkan dan ternyata ada maka yang ada ini kita jadikan contoh, jika belum ada kami berikan contoh dari daerah yang sudah memiliki bukti dukung itu," ucap Andi Kurniawan.

Kurniawan menambahkan, "jangan berharap kita memiliki penilaian yang bagus dari Menpan kalau mereka menilai hasil evaluasi SAKIPnya masih banyak yang jelek."

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS