Lumbis Hulu, SIMP4TIK - Suara dentuman senjata mengawali detik-detik proklamasi pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Kecamatan Lumbis Hulu, Kabupaten Nunukan.

Bertindak sebagai inspektur upacara asisten bidang administrasi pemerintahan Syafarudin di lapangan bola muntai sukilam kecamatan Lumbis Hulu, Sabtu (17/8/2024). 

Camat Lumbis Hulu Justinus menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang wajib kita laksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan negara RI dan rasa berterima kasih kepada jasa - jasa pahlawan

Selain itu diungkapkan Justinus, ada hal menarik yang berbeda dari perayaan-perayaan hari kemerdekaan yang sebelumnya di kecamatan yang dipimpinnya.
"Ada nuansa yang berbeda pada pelaksanaan HUT RI kali ini, dimana  asisten 3 kita undang untuk menjadi inspektur upacara dan dihadiri pula oleh saudara-saudara serumpun dari malaysia," jelasnya.

Sementara Asisten 3 Syafarudin mengapresiasi  jalannya upacara, mulai dari dentuman senjata sampai pasukan pengibar bendera. Menurutnya, dentuman senjata dalam detik-detik proklamasi jarang terdengar di kabupaten apa lagi di kecamatan - kecamatan lainnya.

"Alhamdulillah pelaksanaan HUT RI di ujung negeri perbatasan, kecamatan lumbis hulu ini  berjalan sukses, saya menganggap upacara ini sangat sukses dengan adanya dentuman senjata pada detik-detik proklamasi ditambah dengan pasukan paskibra sangat luar biasa membuat saya sangat kagum", ungkapnya.

Tak lupa pula, mantan kepala disbudporapar tersebut memberikan apresiasi terhadap satgas pamtas RI yang telah membimbing dan melatih anak-anak dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga sukses menjadi Paskibra pada pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI kali ini di Kecamatan Lumbis Hulu.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim