Nunukan, SIMP4TIK – Desa Tanjung Karang, Kecamatan Sebatik dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, Kamis (12/09/2024).

Bupati Nunukan, dalam sambutannya mengatakan, Program Desa Cantik bertujuan agar perangkat desa mampu mengelola data secara akurat dan menyajikannya dengan cara yang mudah dipahami oleh semua pihak. Dengan data yang baik, kita bisa membuat keputusan yang tepat untuk kemajuan desa.

“Perkembangan zaman dan teknologi menuntut pemerintah desa untuk terus berkembang. Berjalan maju bersama zaman, banyak faktor yang perlu ditingkatkan oleh desa, salah satunya adalah kualitas sistem birokrasi di dalamnya. Semakin ringkas dan efisien sistem birokrasi di desa, maka akan membawa kebaikan bagi perkembangan desa itu sendiri," ucapnya.

Bupati juga menambahkan, terwujudnya desa cantik sangat bermanfaat untuk pemutakhiran data yang dimiliki desa, jika data mutakhir, maka arah pembangunan desa akan tepat sasaran. Sehingga hal itu pun akan mempengaruhi arah program pembangunan daerah maupun pusat.

“Pencanangan program desa cantik, merupakan awal yang baik dan menjadi motivasi bagi desa yang lain, karena data sangat penting untuk meningkatkan pembangunan daerah sesuai kebijakan baik pemerintah daerah dan pusat," tuturnya.

Pada kesempatan ini Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada BPS Nunukan dan semua pihak yang telah turut andil dalam pelaksanaan program Desa Cinta Statistik di Kabupaten Nunukan, melalui kegiatan pembinaan Desa Cantik, pembinaan statistik sektoral dan kegiatan lainnya.

“Saya berharap, kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dapat terus berlanjut demi kemajuan daerah kita tercinta. Semoga cita-cita untuk membangun sistem statistik nasional yang dimulai dari desa dapat terwujud," pungkasnya.

Pencanangan Desa Cantik dilaksanakan di Aula lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, yang dihadiri Jajaran pimpinan OPD Pemkab Nunukan, diantarnya Forkopimda Nunukan, Badan Pusat Statistik (BPS) Nunukan, Pimpinan BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Para Camat, Para Lurah dan Kepala Desa dilingkungan Pemkab Nunukan.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom