Nunukan, SIMP4TIK - Cuaca pagi yang cukup menghangatkan tubuh para peserta upacara di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Nyamuk yang nampak begitu bersemangat mengikuti upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Sabtu (17/08/2024).

Dimana dalam upacara hari kemerdekan ini di ikuti oleh Barisan anak sekolah, instansi pemerintah hingga barisan TNI, Polri berjajar rapi. Demikian juga para undangan yang hadir dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan RI,  BPPD Kabupaten Nunukan, unsur Pimpinan Marinir, Pamtas, Polri, Danramil, tokoh masyarakat sebatik, pimpinan instansi, para lurah, Camat, orang tua para paskibraka serta dari masyarakat yang begitu antusias mengikuti jalannya upacara kemerdekaan. 

Tahun 2024 ini upacara dilaksanakan di PLBN Sei Nyamuk yang merupakan pintu terdekat dengan Tawau, Malaysia. Upacara Kemerdekaan ini dipimpin oleh Suhajar yang merupakan Wakil Rektor dari IPDN, kemendagri, yang khusus datang dari Jakarta sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri  Selaku Kepala BNPP yang dibacakan oleh Suhajar menyampaikan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Perlunya penguatan rantai pasok logistic dalam negeri sampai kawasan perbatasan dan mengupayakan nilai tambah hasil produk. Perlunya tata kelola pengawasan dan pelayanan di semua PLBN. Peningkatan kapasitas Lembaga dan personil keimigrasian, kepabeanan, kekarantinaan. Tetap menjaga persatuan dan kesatuan semua warga negera di Perbatasan, semua warga harus mampu tampil sebagai simbol nasionalitas kita di wilayah perbatasan.

Dari beberapa tamu yang hadir mengatakan bahwa ini upacara yang spesial bagi mereka, karena baru pertama kali dapat mengikuti upacara di batas negara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, dan nampak jelas dari tempat duduk mereka jiran Tawau, Malaysia.

 

Teks/Foto : DWI RESCY ADITIA MUHAIMIN (Tim Publikasi BADAN PENGELOLA PERBATASAN DAERAH )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom