Nunukan, SIMP4TIK - Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Nunukan, Hj. Miskia mengatakan, pentingnya akreditasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan primer masyarakat, pihaknya mendorong pengelola klinik swasta di Kabupaten Nunukan untuk mengikuti akreditasi.

“Klinik wajib akreditasi, setiap fasilitas kesehatan harus memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah, tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu kerja dengan perbaikan berkelanjutan pada sistem penyelenggaraan pelayanan klinik,” terang Miskia, Rabu (26/06/2024).

Miskia menyebut beberapa klinik di Nunukan telah difasilitasi oleh DKPPKB untuk mengikuti akreditasi bahkan sudah ada yang akreditasi dengan hasil Paripurna, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Ada 14 klinik yang kita usulkan akreditasi, dan 5 diantarnnya proses seperti Klinik Lanal Nunukan, Klinik Kimia Farma, Klinik Yuli Medika, klinik dr. Kartika, klinik kasih ibu, sementara ini Klinik pratama yang terakreditasi paripurna itu yakni Klinik Polres Nunukan dengan hasil Paripurna. Paripurna merupakan predikat dengan hasil penilaian tertinggi. Akreditasi paripurna yakni lulus tingkat sempurna," ujarnya.

Lanjut, Miskia, menjelaskan, akreditasi klinik adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen klinik karena telah memenuhi standar yang ditetapkan dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitarnya.

“Kriteria penilaiannya akreditasi itu banyak, diantaranya SDM seperti dokter, perawat, tempatnya, sarana dan prasarana, fasilitasnya, didukung juga dengan kondisi klinik yang dinilai cukup bersih, rapi, dan nyaman,” tuturnya.

Miskia, mengaku, keberadaan klinik ini juga membantu masyarakat terdekat disekitarnya yang mungkin berada jauh dari fasilitas kesehatan masyarakat.

“Mereka adalah mitra kita, keberadaan klinik ini sangat membantu, apa lagi seperti klinik polres, yang membantu masyarakat diwilayah kerjanya serta personil polres itu sendiri juga terpantau kesehatannya,” ucap Miskia.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom