Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) bekerja sama dengan puskesmas nunukan untuk melaksanakan vaksin meningitis untuk calon jamaah haji berlangsung di ruang rapat lantai 2 Unit UPT. Puskesmas Nunukan, Rabu (17/4/2024).

Sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengan nomor HK.02.02/C.I/9325/2022 tentang pelaksanaan vaksinasi meningitis bagi jamaah haji, pelaksanaan vaksinasi Internasional merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan perlindungan kepada masyarakat melalui upaya pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit tertentu pada situasi tertentu seperti pada persiapan keberangkatan calon jamaah haji.

Pelaksanaan vaksinasi internasional juga dilakukan berdasarkan permintaan dari Negara tujuan pelaku perjalanan dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan nota diplomatik kedutaan kerjaan Arab Saudi tanggal 7 november 2022 dan surat dari kementrian luar negeri nomor 211-1246 telah disampaikan bahwa vaksinasi meningitis merupakan suatu kewajiban bagi mereka yang datang ke kerajaan arab Saudi dengan menggunakan visa haji.

Nurmadia, SKM.M.Kes selaku kepala bidang kesehatan masyarakat mengatakan “Pemberian vaksinasi meningitis kepada calon jamaah haji Kabupaten Nunukan bertujuan untuk menghindari jamaah haji dari penularan virus meningitis pada saat melaksanakan ibadah haji." katanya.

Kegiatan ini di hadiri oleh jamaah haji di wilayah pulau nunukan, lumbis, seimanggaris sebanyak 60 jamaah hari ini di targetkan selesai, vaksin meningitis ini merupakan syarat wajib untuk keberangkatan perjalanan luar negeri dan pelaksanaan ini juga di pantau serta bekerja sama dengan kantor kesehatan pelabuhan yang dalam hal ini biasa memang memberikan vaksin meningitis ini kepada orang orang yang melaksanakan perjalanan luar negeri.

Kemudian besok, Kamis (18/4/2024) akan di laksanakan vaksinasi meningitis kepada calon jamaah haji di puskesmas sungai nyamuk untuk wilayah pulau sebatik dan terdapat 61 jamaah haji di wilayah pulau sebatik, mudah mudahan semua Jemaah haji dapat hadir dan melaksanakan vaksin meningitis.

Khusus untuk calon jamaah haji vaksin meningitis diberikan oleh Kementerian Kesehatan secara gratis sesuai dengan jumlah jamaah yang ada di kabupaten/kota.

Hasil pelaksanaan pemberian vaksin ini akan di input oleh tim penginput di puskesmas nunukan, puskesmas sungai nyamuk serta petugas dinas kesehatan melalui aplikasi siskohatkes.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom