Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Nunukan melalui bidang kesehatan masyarakat menggelar pertemuan evaluasi penilaian kinerja puskesmas se- Kabupaten Nunukan tahun 2023 dan membahas arah program kebijakan tahun 2024 yang harus di kerjakan.

Kegiatan ini dibuka langsung Sabaruddin selaku Sekretaris Dinas Kesehatan p2kb dan di ikuti oleh 18 kepala puskesmas dan kepala tata usaha se-Kabupaten Nunukan serta seluruh kepala bidang, kepala UPT BPFAK, Kasubag sungram, kasubag kepegawaian, sub koordinator, dan seluruh pemegang program di lingkungan dinas kesehatan p2kb, Kamis (7/3/2024).

Penilaian kinerja puskesmas berpedoman kepada PMK Nomor 44 tahun 2016 tentang manajemen puskesmas dan PMK Nomor 43 tahun 2019 tentang puskesmas. Penilaian kinerja puskesmas adalah suatu proses yang objektif dan sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis dan menggunakan informasi untuk mengetahui seberapa efektif dan efesien pelayanan puskesmas.

Evaluasi secara menyeluruh ini dilakukan demi mendorong peningkatan kinerja puskesmas agar semakin berkualitas, terutama dalam mendukung pencapaian tujuan pembagunan kesehatan di wilayah Kabupaten Nunukan.

Penyampaian evaluasi penilaian kinerja puskesmas tahun 2023 dibagi menjadi enam sesi yaitu sesi pertama evaluasi capaian upaya promosi kesehatan dan kesehatan lingkungan, kemudian sesi kedua evaluasi capaian upaya kesehatan keluarga, lanjut sesi ketiga evaluasi capaian upaya pencegahan dan pengendalian penyakit, dan sesi keempat evaluasi capaian upaya perbaikan gizi masyarakat dan kesehatan perorangan, sesi kelima evaluasi capaian indikator manajemen, kemudian sesi terakhir paparan hasil penilaian kinerja puskesmas tahun 2023 dan di sampaikan dari masing masing penanggung jawab program.

Puskesmas yang berhasil meraih peringkat satu sampai dengan empat diberikan reward berupa sertifikat dan uang saku pembinaan dari kepala Dinas Kesehatan p2kb Miskia. Semoga puskesmas di Kabupaten Nunukan bisa lebih semangat meningkatkan kinerjanya setiap tahun.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom