SIMP4TIK News - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) melalui Penyuluh Keluarga Berencana Kabupaten Nunukan menggelar pelayanan KB gratis dan Demo Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Paras Perbatasan, Kamis (19/10).

Eva Mulyati, S.Sos Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Nunukan menyampaikan bahwa dalam rangka HUT Kabupaten Nunukan, hari ini PKB melakukan demo Dashat bagi kader KB yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat bagaimana pengolahan makanan bergizi untuk penanganan Stunting bagi anak. 

Sementara itu untuk layanan KB yang diberikan meliputi pemasangan implan, suntik KB, pil, kondom, IUD, bahkan yang mau steril dapat mendaftarkan diri dan selanjutnya akan di jadwalkan waktu operasinya.

Dikesempatan itu, Eva juga menjelaskan pentingnya KB bagi ibu-ibu agar tidak terjadi yang biasa disebut dengan 4T yakni jarak anak terlalu dekat, usia terlalu tua dan terlalu muda dalam melahirkan, juga terlalu banyak anaknya.

"Dengan ber KB kita dapat merencanakan keluarga yang berkualitas, merencanakan berapa jumlah anak dan juga berapa tahun jarak kelahiran agar tidak terjadi yang namanya 4T tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Anita salah satu yang mendapatkan layanan KB, mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini sangat membantu dan meringankan yang mana kegiatan ini tidak dipungut biaya.

"Dengan adanya kegiatan ini, bagi saya sangat membantu dan meringankan karena tidak dipungut biaya (gratis)," ujarnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom