SIMP4TIK NEWS – Dalam rangka percepatan pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Nunukan, Dinkes P2KB melalui bidang PPKB (Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana) mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Orientasi Peningkatan Kapasitas PKB ( Penyuluh Keluarga Berencana). Rakoor di selenggarakan, Senin (6/2), di Ruang VIP Cafe 93.

Rakoor ini lebih spesifik untuk meningkatkan pemahaman PKB tentang program percepatan penurunan stunting, meningkatkan kapasitas PKB sebagai koordinator lapangan  melakukan integrasi dalam pelaksanaan setiap tahapan percepatan penurunan stunting tingkat Kecamatan dan Desa , meningkatkan kapasitas Penyuluh Keluarga Berencana dalam melaksanakan kegiatan Operasional program bangga kencana dalam mendukung percepatan penurunan stunting.

Rakoor dihadiri Plt. Kepala Dinkes P2KB, Kabid Kesmas, Kabid PPKB beserta jajarannya, Kepala Balai Pengelola Farmasi dan Alat Kesehatan (BPFAK) beserta jajarannya, Kassubag Sunram dan Keuangan, penyuluh KB se-Kabupaten Nunukan dan 1 orang Bidan Puskesmas Pembeliangan yang ditunjuk untuk melaksanakan program bangga kencana.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Plt. Kadinkes P2KB, dilanjutkan materi dari narasumber antara lain Pengelolaan Administrasi Keuangan oleh Hazar Rochmatin, SKM
Kasubag Sungram dan Keuangan Dinkes PPKB, Percepatan Penurunan Stunting oleh Sabaruddin, SKM, M.Kes, Kabid Kesmas dan materi Gambaran Umum Anggaran BOKB Kabupaten Nunukan tahun 2023 oleh Ibu Suriyati, SE, Kabid PPKB.

Acara dilanjutkan dengan Panel I materi Paparan Operasional Pelayanan KB, Paparan Operasional Penggerakan di Kampung KB dan Operasional Pembinaan Program Bangga Kencana oleh Kader (PPKBD/Sub PPKBD) dan  terakhir panel II dengan materi Paparan Operasional Penurunan
Stunting dan Operasional Balai Penyuluhan KB.

Menurut Suriyati, SE, Kepala Bidang PPKB, “Hasil dari kegiatan ini di sepakati adanya jadwal rencana kerja PKB, adanya indikator target  yg harus di capai dalam 1 tahun , adanya Komitmen dari PKB utk melakukan integrasi dgn Puskesmas   dalam mengkoordinir pelaksanaan program bangga kencana mendukung percepatan penurunan stunting di TK kecamatan dan desa dan tersedia laporan pelaksanaan program bangga kencana dalam mendukung percepatan penurunan stunting secara periodik," harapnya.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom