Sebatik, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan melalui bidang kesmas menyelenggarakan kegiatan Aksi Bergizi yang dilaksanakan selama periode 12 Agustus sampai dengan 12 September 2024 pada 10 Kecamatan di Kabupaten Nunukan.

Aksi Bergizi adalah program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah tentang pentingnya mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD), makan makanan gizi seimbang, dan melakukan aktivitas fisik. Kegiatan ini diinisiasi oleh UNICEF dan mulai dilaksanakan tahun 2018 di Kabupaten Nunukan.

Aksi bergizi di Kabupaten Nunukan dilaksanakan melalui kegiatan senam, sarapan dan minum TTD bersama di sekolah/madrasah SMP & SMA sederajat setiap minggu sekali sebagai satu kesatuan kegiatan, edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik, komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif, skreening anemia pada remaja. Dalam kegiatan ini Dinkes P2KB bekerja sama dengan dokter spesialis gizi klinik dan juga dokter spesialis obsgyn dari RSUD Nunukan.

Kepala Bidang Kesmas, Hj. Nur Madia, SKM., M.Kes menyampaikan “Lebih lanjut aksi bergizi diharapkan dapat memotivasi remaja putri untuk mengkonsumsi TTD setiap minggu serta mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani sebagai salah satu upaya mencegah anemia pada remaja putri dan bisa menjadi budaya. Selain itu implementasi kegiatan aksi bergizi diharapkan bisa meningkatkan komitmen pihak sekolah dan puskesmas pembina wilayah dalam implementasi aksi bergizi sebagai salah satu upaya intervensi spesifik percepatan penurunan stunting,” katanya.

Saat ini aksi bergizi telah dilaksanakan bertahap  yaitu di SMP Nusa Kecamatan Nunukan Selatan pada 1 Agustus 2024, SMPK dan SMAK Frateren Kecamatan Nunukan pada 2 Agustus 2024, SMP Negeri 2 & SMK Negeri 1 Kecamatan Sembakung Atulai pada 14 Agustus 2024, SMA Negeri 1 Kecamatan Sebuku 15 Agustus 2024, SMP Negeri 1 Kecamatan Tulin Onsoi pada 16 Agustus 2024, dan MTS Nurul Iman, SMK Nurul Iman Kec. Sebatik Timur dan SMA Negeri 1 Kecamatan Sebatik Tengah pada 23 Agustus 2024.

Selanjutnya akan melanjutkan aksinya di Kecamatan Sebatik, Sebatik Barat, Sembakung, Lumbis, Lumbis Ogong, Krayan dan Krayan Selatan pada bulan September mendatang.

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom