SIMP4TIK NEWS - Dinas Kesehatan P2KB dan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Kabupaten Nunukan menggelar kegiatan Penggerakan Intervensi Stunting. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya penurunan stunting di Kabupaten Nunukan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun IBI.

Kegiatan dengan tema Penggerakan Intervensi Stunting pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) dengan Kearifan Budaya Lokal ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 3 sampai dengan 4 Juli 2023 di BPU Lumbis. Kecamatan Mansalong dan akan berlanjut ke Kecamatan Sebuku dan Kecamatan Tulin Onsoi kedepannya.

Hadir dalam acara ini Camat, PKK, Dharma Wanita Persatuan, Bhayangkari, Persit, Kapolsek, Babinkamtibmas, Penyuluh KB, Kepala Desa, KUA, Bunda PAUD, Ibu Hamil, Ibu Balita Stunting, Remaja Putri dan peserta KKN dari Universitas Borneo.

Rangkaian acara antara lain Penandatanganan Komitmen Bersama cegah stunting mulai dari remaja putri, catin dan 1000 HPK oleh camat dan jajarannya, pemberian suplemen gizi berupa telur dan multivitamin sirup untuk Baduta, pemberian suplemen susu pada ibu hamil, pemberian suplemen susu dan tablet tambah darah pada remaja putri. Selain itu juga ditampilkan kreativitas Ibu- ibu PKK menyajikan aneka olahan berbahan dasar  lokal untuk mencegah stunting.

Selanjutnya IBI juga mengadakan On Job Training Kegawatdaruratan Maternal untuk Bidan di wilayah 3 sebanyak 35 orang yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Lumbis dan Pelayanan KB di Puskesmas. Dalam ulang tahunnya yang ke -72, Ikatan Bidan Indonesia mengusung tema “Satukan Langkah dalam Transformasi Kesehatan untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti”.

Materi pertama dalam OJT adalah P4K disampaikan oleh Sujarwati, Amd.Keb, Pemegang program Kesehatan Ibu Dinkes P2KB yang sekaligus merupakan Wakil Ketua IBI Bidang Pelayanan Pendidikan dan Pelatihan. Selain sebagai narasumber Sujarwati merupakan innovator SIRUDITAMA yang berhasil menyabet juara 3 dalam kompetisi tingkat Provinsi Kalimantan Utara.

Selanjutnya kegawatdaruratan maternal oleh dr. Ratna Nancy, Sp.OG dan Bidan Ulyana, AMd.Keb selaku Ketua IBI Kab. Nunukan memberikan materi penguatan peran bidan dalam percepatan penurunan stunting.

Ulyana mengungkapkan bahwa bidan berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan maternal sebagai Upaya menurunkan Angka Kematian Ibu di Kabupaten Nunukan yang alhamdulillah sudah di bawah target nasional untuk saat ini. "Kami akan terus bersinergi dan meningkatkan skill dan update ilmu terbaru salah satunya melalui midwifery update sebagai bentuk komitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Nunukan. Selamat Ulang Tahun untuk IBI terus berkarya dan bermanfaat bagi sesama," ujarnya.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom