Sebatik Barat, SIMP4TIK – Dinas Kesehatan P2KB sebagai Sekretariat TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Kabupaten Nunukan menggelar kegiatan Rembuk, Pembinaan dan Monev pada TPPS Kecamatan Sebatik Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Kamis (29/08/2024) di Aula Pertemuan Kantor Camat Sebatik Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan melakukan pembinaan pada TPPS Kecamatan Sebatik Barat.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan, lalu dilanjutkan dengan paparan oleh Ketua TPPS Kecamatan Sebatik Barat mengenai delapan Aksi Konvergensi Tingkat kecamatan kemudian dilakukan diskusi dan rembuk.  

Setelah rembuk selesai dilanjutkan presentasi oleh Ulyana, Amd.keb dari Bidang P2KB Dinas Kesehatan dengan materi penguatan indikator program penurunan stunting  dan disampaikan juga materi manajemen audit kasus stunting oleh bidang kesmas. Kegiatan diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut.

Dalam tindak lanjut disepakati diantaranya, akan dilaksanakan kegiatan jumat bersih dan senam bersama, pelaksanaan penyuluhan kespro pada anak sekolah, akan diberikan reward  maupun punishment terhadap kunjungan posyandu. 

Selain itu akan dikoordinasikan kepada kepala desa, penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja dilaksanakan dalam bentuk tim, dalam persiapan desa Tambaring perlu diadakan pemilahan data- data untuk desa Tambarin, akan dilaksanakan pemerataan sarana dan prasarana armada kebersihan, akan dilaksanakan peningkatan akses air bersih.

Menurut Kepala Bidang Dalduk dan KB, Suriati, SE telah dilakukan evaluasi dari indikator yang telah dilakukan intervensi stunting oleh TPPS Kecamatan Sebatik Barat, diharapkan sebelum akhir tahun TPPS Kecamatan Sebatik Barat dapat mencapai target.

Rembuk ini melibatkan unsur TPPS Kabupaten lintas OPD antara lain Ketua TP. PKK Kabupaten, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nunukan. 

Lainnya adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nunukan,  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nunukan.

Dari Bidang hadir Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan, Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan SIK Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan.

Juga hadir TA Satgas Stunting Kabupaten Nunukan, Ketua Ikatan Penyuluh KB Kabupaten Nunukan, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Cabang Nunukan.(*)

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom