Sebatik Timur, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan P2KB sebagai Sekretariat TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Kabupaten Nunukan menggelar kegiatan Rembuk, Pembinaan dan Monev pada TPPS Kecamatan Sebatik Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Rabu (28/08/2024) di Kantor Desa Tanjung Aru Kecamatan Sebatik Timur.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan, lalu dilanjutkan dengan paparan oleh Ketua TPPS Kecamatan mengenai delapan Aksi Konvergensi Tingkat kecamatan kemudian dilakukan diskusi dan rembuk. Setelah rembuk selesai dilanjutkan presentasi oleh Ulyana, Amd.keb dari Bidang P2KB Dinas Kesehatan dengan materi penguatan indikator program penurunan stunting  dan disampaikan juga materi manajemen audit kasus stunting oleh bidang kesmas. Kegiatan diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut.

Menurut Kepala Bidang Dalduk dan KB, Suriati, SE,  hasil dari kegiatan ini dicapai beberapa kesepakatan diantaranya menyepakati data untuk menentukan jumlah stunting adalah data yang ada di aplikasi EPPGBM. Selain itu permasalahan yang masih ada adalah D/S atau Kunjungan Balita ke Posyandu meski sudah mengalami peningkatan dari 50 persen menjadi 60 persen ,namun belum mampu mencapai target 80 persen,  hasil intervensi serentak di bulan Juni balita di ukur timbang mampu mencapai 90 persen namun dengan melalui berbagai upaya termasuk dengan sweeping dan jemput bola.

"Harapannya tanpa sweeping dan jemput bola peran serta dan partisipasi dan kesadaran pemberdayaan orangtua untuk mandiri  aktif memanfaatkan faslitas posyandu yang ada untuk melakukan pemantauan tumbuh kembang anaknya secara rutin minimalnya 8 kali setahun dan  tidak hanya pada momen tertentu," ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan melakukan pembinaan pada TPPS Kecamatan Sebatik Timur. Dalam rembuk ini mengundang TPPS Kabupaten antara lain Ketua TP. PKK Kabupaten, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nunukan,  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan.

Hadir pula Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan, Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan SIK Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan, TA Satgas Stunting Kabupaten Nunukan, Ketua Ikatan Penyuluh KB Kabupaten Nunukan, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Cabang Nunukan.(*)

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom