SIMP4TIK News - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB )menggelar workshop kader posyandu dalam penyelenggaraan penimbangan posyandu dan kunjungan rumah tahun anggaran 2023 di wilayah Kecamatan Nunukan.

Acara ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 23 sampai dengan 25 November tahun 2023. Hari pertama pemaparan materi, hari kedua pemaparan materi beserta pelatihan yang di laksanakan di Cafe and Resto Sayn, kemudian hari ketiga, kelapangan untuk melakukan praktek pelayanan posyandu di era transformasi.

Acara tersebut di buka secara langsung oleh Sekertaris Dinkes P2KB, Sabaruddin, SKM. M.Kes dan mengatakan pentingnya melakukan pelayan posyandu dapat memberikan pelayanan kesehatan rutin kepada seluruh siklus hidup, hal ini membantu mengidentifikasi masalah kesehatan secara dini dan memberikan intervensi yang tepat.

Untuk pelayanan posyandu di era transformasi sudah dapat melayani seluruh siklus hidup dari ibu hamil, balita, remaja, usia produktif dan usia lanjut.

Adapun beberapa langkah untuk kegiatan posyandu yaitu, pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran, pelayanan dan penyuluhan. Untuk di hari sesudah buka posyandu melakukan kunjungan rumah sesuai dengan sasaran di posyandu.

Kemudian seluruh kader di harapkan mampu dalam mencakup 25 keterampilan kader, sehingga kader mendapatkan tanda kader sebagai kader purwa, madya dan utama.

Narasumber yang hadir juga memberikan materi seperti Koestono,S.Si.Apt selaku Kepala Bidang Promkes dan sik juga menyampaikan materi tentang kebijakan transformasi layanan primer di Posyandu, Putri Sartika Dewi,SKM menyampaikan materi keterampilan dasar pengelolaan posyandu, Selamat, SKM menyampaikan materi panduan layanan siklus hidup pada hari buka posyandu, Yuliani Uptalubin, SKM menyampaikan materi layanan dasar usia produktif dan lansia, Sujarwati, Amd.keb menyampaikan materi Layanan dasar bayi dan balita di posyandu, Ita Ramba,SKM menyampaikan materi layanan dasar ibu hamil, ibu nifas, dan ibu menyusui.

Peserta yang hadir pada kegiatan tersebut sekitar 50 kader di wilayah Kecamatan Nunukan dan penanggung jawab promkes di puskesmas wilayah Kecamatan Nunukan.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom