SIMP4TIK News - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Nunukan menggelar Worshop Kader Posyandu dalam Penyelenggaraan Penimbangan Posyandu dan Kunjungan Rumah tahun Anggaran 2023 di Puskesmas Sei Manggaris yang dilaksanakan selama tiga hari yakni pada 16 sampai dengan 17 November pemberian materi dan 18 November 2023 melakukan Praktek Pelayanan Posyandu.

Koestono, S.Si.Apt menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini di harapkan semua posyandu wilayah puskesmas Sei Menggaris dapat melakukan pelayanan seluruh sasaran siklus hidup supaya masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan posyandu mulai dari usia 0 hingga lansia.

Dengan adanya komitmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mentransformasi sistem kesehatan Indonesi salah satunya fokus pada layanan Primer.

Maka dari itu, pelayanan kesehatan masyarakat di Era Transformasi Layanan Primer di Posyandu mampu mengimplementasi lintas program melalui Posyandu yang sama, seluruh posyandu mampu memberikan pelayanan seluruh sasaran siklus hidup dan menjadwalkan kunjungan rumah.

Sasaran layanan kesehatan terintegrasi yaitu, ibu hamil, balita, remaja, usia produktif dan usia lanjut. Seluruh kader di wilayah kerja posyandu mampu memiliki 25 keterampilan dasar kader dalam 5 komponen osyandu yaitu, keterampilan pengelolaan posyandu, keterampilan bayi dan balita, keterampilan ibu hamil menyusui, keterampilan usia sekolah dan remaja, keterampilan usia produktif danansia. Serta memiliki tanda kecakapan kader berdasarkan 25 keterampilan dasar yaitu kader Purwa, kader Madya dan kader Utama.

Narasumber yang hadir juga memberikan materi seperti Koestono, S.Si.Apt selaku Kabid Bidang Promkes dan SIK menyampaikan tentang kebijakan transformasi layanan primer di Posyandu. Rukaiyah, SKM menyampaikan keterampilan dasar pengelolaan Posyandu. Selamat, SKM menyampaikan layanan dasar bayi dan balita di Posyandu. Ita Ramba, SKM menyampaikan layanan dasar ibu hamil, ibu nifas, menyusui dan layanan dasar usia sekolah dan remaja dan Yuliani Uptalubin, SKM menyampaikan layanan dasar usia produktif dan lansia di posyandu.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom