SIMP4TIK NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023. Pelaksanaan SKI ini mencakup seluruh wilayah Indonesia  termasuk di Kabupaten Nunukan.

SKI bertujuan untuk menilai status Kesehatan Masyarakat termasuk gizi di Indonesia, menentukan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Kabupaten/Kota dan memberikan gambaran permasalahan morbiditas dan faktor risiko pada tingkat nasional berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium.

SKI dapat digunakan sebagai data dasar dan penyusunan program RPJMN 2025-2029, sebagai evaluasi Pembangunan Kesehatan Masyarakat dan sumber data baseline dan capaian beberapa indikator SDG’s.

SKI telah dikenal sebelumnya dengan sebutan RISKESDAS yaitu RISET KESEHATAN DASAR yang dilaksanakan setiap lima tahun. SKI 2023 akan berfokus pada penyakit kronis tidak menular terkait penyakit degeneratif, seperti stroke, penyakit jantung, penyakit ginjal dan kanker. Hal ini menjadi salah satu penyebab kematian utama di Indonesia dan merupakan masalah yang sangat serius.

Dinkes P2KB saat ini telah menugaskan lima tim untuk pelaksanaan SKI 2023. Sasaran yang ditetapkan yaitu sebanyak 61 blok sensus dengan total  5116 rumah tangga yang akan di survei. Setiap tim memiliki empat enumerator sehingga total keseluruhan adalah 20 enumerator untuk Kabupaten Nunukan.

Enumerator telah dilakukan perekrutan pada bulan Juli 2023. Selain itu enumerator juga diberikan Pelatihan ToT (Training of Trainer) selama 3 hari melalui zoom. Serta pelatihan TC secara Luring di Hotel Tarakan Plaza selama 6 hari.

Enumerator akan melakukan pengumpulan data mulai 10 Agustus hingga 2 Oktober 2023. Data yang terkumpul selanjutnya akan dilakukan analisis data.

Hj. Miskia, S.Si.,Apt, Kepala Dinkes P2KB didampingi Sekretaris Dinkes P2KB, Sabaruddin, S.KM.,M.Kes dan PJAL (Penanggung Jawab Administrasi & Logistik), Hajria Barpak, S.KM,  melepaskan enumerator untuk turun lapangan pada Jumat (11/8).

Hj. Miskia mengharapkan agar enum dapat melaksanakan dengan baik dan sesuai dengan pelatihan yang telah diterima dan tetap semangat dalam menjalankan tugas yang diamanahkan.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom