SIMP4TIK News - Perubahan standar pelayanan kesehatan selama hamil berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 menyebutkan bahwa Ibu hamil harus kontak dengan dokter minimal 2 kali selama pelayanan Antenatal Care (ANC), 1 kali di trimester 1 dan 1 kali di trimester 3 selama kehamilan.

Kontak pertama ANC oleh dokter pada trimester 1 (satu) untuk usia kehamilan kurang dari 12 minggu atau dari kontak pertama, dokter melakukan skrining kemungkinan adanya faktor risiko kehamilan atau penyakit penyerta pada ibu hamil termasuk didalamnya pemeriksaan Ultrasonografi (USG).

Kontak kedua Pelayanan ANC oleh dokter pada trimester 3 (tiga) dilakukan perencanaan persalinan, termasuk pemeriksaan USG dan rujukan terencana bila diperlukan.

Kurangnya pengetahuan dokter umum tentang penggunaan USG ini menginisiasi program Kesga (Kesehatan Keluarga), bidang kesmas untuk mengadakan pelatihan USG bagi dokter umum di Puskesmas se- Kabupaten Nunukan.

Yuli Uptalubin, S.KM selaku Adminkes Ahli Muda berinisiatif untuk berkoordinasi dengan vendor alkes yaitu PT. Ranoraya untuk mengadakan kegiatan tersebut. Hal itu di sambut baik oleh PT. Ranoraya, sehingga pelaksanaan pelatihan dokter dapat di laksanakan dengan sukses, Senin (6/2) lalu di Ruang Pertemuan Lantai 2 Dinkes P2KB.

Pelatihan ini diikuti oleh tujuh dokter puskesmas yaitu Puskesmas Sungai Taiwan, Lapri, Atap, Tanjung Harapan, Nunukan Timur, Sedadap dan Binusan. Dalam pelatihan tersebut selain dilakukan uji fungsi alat dan praktek langsung ke ibu hamil.

"Pelatihan USG untuk dokter puskesmas dilakukan bertahap tidak langsung semua puskesmas, untuk tahun ini direncanakan lagi bulan Mei untuk puskesmas yang dokternya belum dilatih USG, diharapkan minimal ada 1 dokter yang dilatih untuk masing-masing puskesmas, selain pelatihan dasar ini ke depan akan dilakukan pelatihan USG dengan dokter obsgyn," ujar Yuli Uptalubin.

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom