Lumbis Hulu, SIMP4TIK- Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melalui bidang kesmas melaksanakan Kegiatan Terbang Terapung 2024 di wilayah Kecamatan Lumbis Hulu dan Pansiangan pada 2 sampai dengan 5 Juni 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan oleh dokter spesialis pada masyarakat di daerah terpencil. Penyediaan layanan kesehatan termasuk perawatan medis dasar dan juga pelayanan spesialis pada daerah terpencil seringkali terkendala oleh aksesibilitas. Kali ini Dinkes P2KB menggandeng dokter spesialis kandungan dan penyakit dalam yaitu dr. Octaviyana Nadia Nitasari Simatupang dan dr. AmandaCininta Wowor, Sp.PD dari RSU Nunukan.

Kepala bidang Kesmas Hj. Nur Madia, S.KM., M.Kes menyampaikan kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan program di bidang kesmas dengan Puskesmas Binter. Selain melaksanakan pelayanan kesehatan, dilakukan juga intervensi serentak pencegahan stunting dan verifikasi desa bebas BAB sembarangan di wilayah lumbis hulu dan pansiangan. Pelaksanaan kegiatan Terbang Terapung setiap 3 bulan sesuai dengan anggaran yang tersedia. Anggaran untuk kegiatan ini ditanggung oleh APBD Kabupaten Nunukan.

Diharapkan dengan meningkatnya kesehatan masyarakat, penduduk di daerah terpencil akan hidup lebih baik dan lebih produktif.

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom