Nunukan, SIMP4TIK : Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarg Berencana (Dinkes P2KB ) melalui Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan melaksanakan rapat dan evaluasi pelaksanaan penyelenggaraan promosi kesehatan tingkat Kabupaten Nunukan, Kamis (01/8/2024) di ruang rapat Dinas Kesehatan P2KB.

Kepala Dinas Kesehatan, Miskia menyampaikan bahwa tenaga promosi kesehatan ini sebenarnya yang paling utama di tingkat kesehatan. Hal tersebut karena tenaga promkes dapat mensosialisasikan semua tentang kesehatan kepada masyarakat, sehingga dapat melibatkan promosi kesehatan dalam kegiatan program lain seperti kesehatan keluarga.

"Saya mengharapkan dari program promosi kesehatan membuat inovasi baru untuk kabupaten Nunukan, contohnya membuat kreasi senam dari Kabupaten Nunukan sehingga dapat di agenda untuk perlombaan senam antar sekolah,” ucapnya.

Usai sambutan kepala dinas, dilanjutkan materi evaluasi dan capaian indikator program promosi kesehatan yang di sampaikan oleh Selamat, SKM.

Materi kedua PHBS di sekolah dan PHBS rumah tangga yang disampaikan oleh Helly Sumarni, Amd.keb. Materi ketiga yakni Advokasi Germas oleh Selamat, SKM.

Rapat ini ditutup secara resmi oleh Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan, drg. I Ketut Karyawan. Ia mengatakan semoga dengan hasil yang telah disepakati bersama untuk program promosi kesehatan dapat tercapai sesuai dengan target yang telah di tetapkan dan selalu melaporan dan dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan di lapangan.

"Dengan adanya kegiatan ini penanggung jawab promosi kesehatan dapat menyatukan persepsi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai pemegang program promosi kesehatan,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh penanggung jawab program promosi kesehatan di puskesmas wilayah Kabupaten Nunukan. Total peserta 22 orang wilayah puskesmas Kecamatan Nunukan, Nunukan Selatan 8 orang, puskesmas Sebatik 5 orang. Sementara puskesmas Sanur, Pembeliangan, Tanjung Harapan, Atap, Tanjung Harapan, Sei Manggaris, dan Krayan masing-masing 2 orang.

Hasil rapat dan evaluasi pelaksanaan penyelenggaraan promosi kesehatan yaitu, akan mengubah beberapa indikator program promosi kesehatan sesuai dengan pelayanan siklus hidup dan berusaha untuk mencapai target indikator program promosi kesehatan sesuai dengan yang telah di sepakati bersama.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS