SIMP4TIK News- Dalam upaya mendukung visi  Kabupaten Nunukan pada  RPJMD 2021-2026 yakni mewujudkan Kabupaten Nunukan Aman, Maju, Adil dan Sejahtera yang diwujudkan melalui salah satu misinya yaitu peningkatan infrastruktur pemenuhan pelayanan dasar dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Dinkes P2KB berupaya meningkatkan infrastruktur pelayanan Kesehatan sebagai upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Nunukan.Khususnta di setiap desa yang jangkauannya cukup jauh dari Puskesmas,seperti  penyediaan Puskesmas Pembantu (Pustu) sebagai perpanjangan tangan dari puskesmas.
Menurut Kepala Bidang Sarana Prasarana, Abdul Rahim, S.T dalam wawancaranya dengan Tim Publikasi Dinkes P2KB beberapa waktu yang lalu, ada beberapa kondisi Pustu yang kurang layak untuk ditempati. Dan kebetulan Dinas Kesehatan mendapatkan anggaran DAU Kesehatan yang peruntukanya salah satu Rehab Pustu, sehingga Tahun 2023 ada  4 Pustu yang direhab.
"Tahun ini kita melaksanakan rehab terhadap 4 pustu, yakni Pustu Mansapa di Kecamatan Nunukan Selatan, Pustu Patal di Kecamatan Lumbis, serta Pustu Sekikilan dan Kalunsayan di Kecamatan Tulin Onsoi., ini memeng menjadi prioritas di tahun 2023  karna kondisi memang sdh rusak berat dan tidak layak di gunakan," jelasnya.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan P2KB, Hj. Miskia, S.Si., Apt., M.M menyampaikan harapannya dengan adanya pustu ini, masyarakat kabupaten Nunukan khususnya masyarakat  yang jangkauan ke puskesmas cukup jauh, bisa terlayani  karena sudah lebih dekat dengan fasilitas pelayanan kesehatan. 
"Kedepannya akan kami upayakan untuk merehab Pustu Pustu yang sudah kurang layak. Semoga ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan salah satunya melalui penyediaan fasilitas pelayanan Kesehatan yang bermutu untuk meningkatkan Kesehatan Masyarakat terutama masyarakat Kabupaten Nunukan," pungkasnya.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim